Gumpalan.com - Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr dijadwalkan terbang ke Indonesia dan Singapura pada awal September, mengikuti tradisi para pemimpin masa lalu yang mengunjungi negara-negara Asia Tenggara untuk perjalanan resmi pertama mereka.

Sekretaris Pers Marcos Trixie Angeles-Cruz mengatakan pada hari Jumat (19 Agustus) bahwa Presiden pertama kali akan mengunjungi Indonesia dari 4 hingga 6 September, sebelum menuju ke Singapura dari 6 hingga 7 September.

Kementerian Luar Negeri Singapura mengkonfirmasi kunjungan Marcos mendatang atas undangan Presiden Halimah Yacob.

"Kami berharap dapat menyambut Presiden Marcos ke Singapura," kata seorang juru bicara.

Pada bulan Mei, Nyonya Halimah telah mengirimkan ucapan selamatnya kepada Marcos setelah dia memenangkan pemilihan presiden.

"Saya sangat ingat keramahan yang hangat dan ramah yang diberikan kepada saya oleh orang-orang Filipina selama kunjungan kenegaraan saya ke Filipina pada September 2019. Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk memperkuat persahabatan antara kedua negara kita," tulis Madam Halimah.

Perdana Menteri Lee Hsien Loong juga mengucapkan selamat kepada Marcos dan mencatat "hubungan yang dalam dan lama" antara Singapura dan Filipina.

"Sebagai sesama anggota pendiri Asean, kami memiliki pandangan yang sama tentang perkembangan utama regional dan global, dan bekerja sama untuk mempromosikan perdamaian dan kemakmuran regional," kata PM Lee.

Marcos juga diperkirakan akan mengunjungi Amerika Serikat, yang menganggap Filipina sebagai salah satu sekutu perjanjian tertua di Asia, di kemudian hari.

Dia mengatakan pada bulan Juni bahwa dia ingin menghadiri Majelis Umum PBB, yang akan diadakan di New York dari 13 hingga 17 September.

Presiden AS Joe Biden juga mengundang Marcos untuk mengunjungi Washington, DC.

Post a Comment