SEO dengan Liga Inggris

Sebagai sebuah situs berita bisnis dan ekonomi, agak aneh jika kemudian bisnis.com berada di urutan atas dalam mesin pencari Google untuk kata kunci "liga inggris." Tapi, inilah kenyataan yang harus diterima situs-situs berita sepakbola di Indonesia, kalah satu langkah dengan media bisnis dan ekonomi untuk berita olahraga. 

Tentu saja, ini bukannya tak bisa dilogika. Inilah SEO, search engine optimization atau optimisasi mesin pencari. Bisnis.com mampu menempatkan kata-kata kunci sebagai jurus dalam mesin pencarian, sekalipun ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi. 

SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Menurut Wikipedia.org tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian katakunci (keyword).

Komentar

  1. Memang penting bgt ya seo itu,,,
    harus belajar truz ni kayaknya,,

    BalasHapus

Posting Komentar