MODEM SMARTFREN: I love slow, ternyata!

Beberapa bulan terakhir saya dibuat kecewa dengan layanan internet smartfren yang kataknya "i hate slow" itu. Bahkan saya sudah menuliskannya beberapa minggu lalu di blog lain dan juga kas-kus, serta ke akun resmi twitter mereka di @smartfrenworld dan @i_hateslow . Memang ada tanggapan, tapi biasanya hanya minta nomer, lokasi, dan masalah yang dialami. Habis itu, biasanya koneksi beres... tapi masalah itu berulang pada waktu-waktu tertentu SETIAP HARI!!! Saya tidak habis mengerti apakah jaringan yang padat atau bagaimana, yang jelas saya sudah MEMBAYAR!!!

Ini tulisan saya sebelumnya:

Modem smartfren itu mirip politikus. Janji-janjinya manis saat menawarkan program. Dari yang namanya i_hateslow sampai internetan cepat dengan sekian-sekian kecepatan. Dan layaknya politikus, kartu ini menawarkan kobohongan sekaligus.

Saya adalah pemakai kartu smartfren untuk modem dan telah menggunakannya beberapa bulan terakhir. Modem itu saya beli 400 ribu kurang seribu, dengan bonus pemakaian free 2 bulan. Saya puas pada 2 bulan pertama, koneksi oke dan kecepatan memuaskan. Pada bulan ketiga saya mengikuti program unlimited yang 45ribu. Lemot sih… iklan i_hateslow rupanya untuk yang berani bayar lebih mahal, begitu pikir saya.

Karena itu, pada bulan berikutnya saya pindah ke unlimited yang bayar 90 ribu. Saya mengira kecepatannya akan tambah kuenceng… pada awalnya sih oke, sekalipun sudah mulai terindikasi ngadat nggak ketulungan. Seringkali modem koneknya aneh, nggak bisa internetan lah pada jam-jam tertentu… saya mencoba memaklumi, padahal ya saya sudah bayar lebih mahal.

Pada bulan kedua saya memakai unlimited yang 90 ribu itu, kondisi lebih buruk jadi tambah sering terjadi. Koneksi susah, padahal saya berada di wilayah yang sama dengan ketika pertama kali saya memakai modem itu, artinya jaringan oke.

Ini berbeda dengan masa 2 bulan pertama pemakaian di mana koneksi lancar jaya… kala itu saya juga masih sering lihat iklan i_hateslow di tipi2. Namun, dua bulan terakhir ini kondisinya berlainan sekali. Iklan hilang, koneksi pun megap-megap.

Saya tidak ragu dan tidak sungkan menyamakan smartfren dengan politisi busuk. Saya tidak menyarankan orang lain memakai modem smartfren, kecuali pada masa promosi.

Di kompas minggu ini juga ada yang mengeluh smartfren menyedot pulsa padahal katanya baru beli dengan bonus free sekian dan sekian.

Oke, itu smartfren ya. Kartu yang lain saya kira banyak juga yan mirip politikus busuk. Lihat saja surat pembaca di harian nasional, banyak keluhan soal modem dan kartu telepon lainnya. Coba Anda cek teman atau saudara tentang pengalamannya menggunakan kartu telepon prabayar, sudah bayar tapi kualitas nggak pasti gitu.

Ngefek nggak sih sebenarnya keluhan konsumen macam ini? Provider itu kan seharusnya terikat kontrak memberikan layanan sesuai dengan apa yang mereka janjikan sendiri, entah itu kecepatan koneksi atau janji-janji manis lainnya. Konsumen yang sudah membayar di awal yang mendapat layanan buruk kesulitan mengadu, telepon custumer services hanya dapat kata-kata standar, bukan solusi. Mau pindah provider lain, kok ceritanya tidak jauh berbeda …. Lhah… kalau bisnis didasari janji-janji busuk begini apa bedanya mereka dengan mulut berbusa milik politikus itu?

Mungkin saya perlu menggarisbawahi bahwa kasus smartfren saya ini hanya satu dari sekian merek2 lain yang tingkah polah layanan mengecewakan. Soalnya, saya sering mendengar beberapa orang juga ngedumel dengan layanan koneksi internet provider lainnya… Solusinya pindah layanan, tapi seringkali keburukan yang sama yang didapat.

Komentar

  1. bener bangett!! uda sampai saya banting modemnya ini saking kesalnya >:o

    mau ngerjain tugas aja buka browser, ditinggal pergi..loadingnya lom selesai" >:((((((
    #maapcurcol

    BalasHapus
  2. iye, bener banget bos, sama gw juga dah kecewa berat, sama persis kejadiannya sama lo, kampret memang, gw juga ga menyarankan orang untuk pake smartfren walaupun ada promo2, seberapa pun speed yang ditawarkan bahkan up to 12mb lebih baik, pikir sekali 1000x, untuk royal dengan ISP-ISP sampah macam begitu ...

    BalasHapus
  3. Semoga perusahaan smartfreen segera lenyap dari muka bumi dan kantor-kantor pusat beserta seluruh kantor-kantor cabang-nya... TERBAKAR!!!!! Jika mereka tetap merugikan konsumen! AMIN... SEJUTA KALI!!!!!

    BalasHapus
  4. sudah jadi rahasia umum pak. kualitas internet mereka itu mempermainkan QOS Quality Of Services, jadi koneksi yg diutamakan adalah untuk pelanggan baru bukan pelanggan lama, krn pelanggan baru lebih berharga dari pelanggan lama, contoh : si B(lama) sudah berlangganan 3 bulan, bulan 1 (kenceng) bulan 2 (sedang) bulan 3 (lambat) menurut hitungan ekonominya jika paket internetnya 90rb mereka untung 270rb. tapi jika dari awal pelanggan baru sudah lambat maka mereka takut pelanggannya kabur. sy tinggal dijln sabang jkpus skitar 30m dri kntor pusat Smartfren, saya browsing pake 2modem smartfren scara bersamaan yg diloadbalancing,1 modem rev a 3.1mbps & modem andro 3.1mpbs, tpi kec yg saya dpt dimasing2 modem cm 800kbps dan 1024kbps. tpi setiap 23jam sehari modem lama sya yg rev a kena shock menjadi 2kbps dan modem andro saya up to 1536kbps ato 1,5mbps maklum modem baru....okey

    BalasHapus
  5. SMARTFREN GEDE BACOD!! qlo ga bisa menyajikan koneksi stabil kenceng jgn ngomong i hate slow, NGACA DONK BODOFREN (ga pantes d blg smart!!)

    BalasHapus
  6. SMARTFREN GEDE BACOD!! qlo ga bisa menyajikan koneksi stabil kenceng jgn ngomong i hate slow, NGACA DONK BODOFREN (ga pantes d blg smart!!)

    BalasHapus
  7. SMARTFREN GEDE BACOD!! qlo ga bisa menyajikan koneksi stabil kenceng jgn ngomong i hate slow, NGACA DONK BODOFREN (ga pantes d blg smart!!)

    BalasHapus
  8. SMARTFREN GEDE BACOD!! qlo ga bisa menyajikan koneksi stabil kenceng jgn ngomong i hate slow, NGACA DONK BODOFREN (ga pantes d blg smart!!)

    BalasHapus
  9. Internetan ngebut pake smartfren & Google Chrome Makin seru tanpa lelet! benarkah demikian karena Modem AC2791UI paket volume Based 12 GB sisa Kuota internet 11,752,006Kb berlaku s/d 13/01/2013. Sekarang jarang dipakai karena kecepatan terlalu cepat.
    Last Result: SmartFren
    Download Speed: 332 kbps (41.5 KB/sec transfer rate)
    Upload Speed: 72 kbps (9 KB/sec transfer rate)
    Latency: 172 ms
    Sunday, January 27, 2013 9:07:00 AM
    dengan kecepatan diatas sama dengan menggunakan moem secara dialup.

    BalasHapus
  10. Sebaiknya pemakai smartfen bergabung dan gantian memakainya sehinggga dapat kecepatan download yang baik. Karena percuma saja lapor customer service cuma habis habiskan pulsa hasilnya tidak ada alias didiamkan saja laporannya sudah diperbaiki cuma karena terlalu banyak yang pakai jadi kecepatannya menurun.
    Sebaiknya jangan gunakan kata-kata kotor atau sumpah serapah kalau sudah bosan sama-sama rame-rame tinggalkan smartfren saja.

    BalasHapus
  11. BB and andro saya pake smart, dan ternyata bikin emosi. Bener bgt cepetnya hanya sebulan sajah. Pdhl, kerja saya bergantung pd koneksi internet. Semoga para pemegang saham yg mempermainkan pelanggan ini pd masuk surga semua. Amin...

    BalasHapus
  12. smartfren bener2 ngebohongin pelanggan sy pelanngan lama yg kecewa berat thd provider ini. Penyelesaian Tugas2 harianku kacau karenanya. Nyesel aku beli modem ini.

    BalasHapus

Posting Komentar