SKANDAL MF GLOBAL: Lembaga rating terlibat - Bisnis.com

SKANDAL MF GLOBAL: Lembaga rating terlibat - Bisnis.com:

'via Blog this'

JAKARTA: Seminggu sebelum MF Global runtuh, direktur keuangannya mengatakan pada Standard & Poor dalam sebuah surat elektronik bahwa posisi broker berjangka itu "tidak pernah lebih kuat."

S&P disebut-sebut oleh Bagian Pengawasan dan Investigasi pada Komisi Jasa Keuangan DPR AS terkait dengan kutipan surat elektronik atau e-mail dari CFO MF Global Henri Steenkamp.

S&P menginformasikan pada panel bahwa Jon Corzine, CEO MF Global, bertemu dengan analis pada 20 Oktober untuk meyakinkan mereka bahwa uang US$6,3 miliar yang dipertaruhkan pada surat utang negara Eropa bukanlah ancaman bagi perusahaan.

Bagian Pengawasan dan Investigasi menjadwalkan Kamis, 2 Februari, untuk meneruskan penyelidikan atas runtuhnya MF Global.

Sidang itu akan membahas bagaimana risiko dikelola MF Global, bagaimana risiko ini diungkapkan kepada investor dan pelanggannya, dan bagaimana lembaga pemeringkat kredit mengevaluasi risiko.

Analis Moody percaya bahwa MF Global meningkatkan aktivitas dagang "untuk tujuan utama memfasilitasi transaksi nasabah," tulis Steven Ross, seorang rekanan di Akin Gump Strauss Hauer & Feld LLP yang mewakili perusahaan itu, dalam surat terpisah untuk Neugebauer, per 17 Januari, seperti dikutip Bloomberg.

Ross menulis bahwa presentasi para broker sebelum 21 Oktober "tidak menggambarkan atau mencerminkan" posisi Eropa. Diana DeSocio, juru bicara MF Global, menolak berkomentar.

Keterlibatan S&P

S&P masih memberikan peringkat layak investasi pada MF Global hingga perusahaan tersebut bangkrut. Sementara itu, rivalnya Moody s telah menurunkan status MF Global menjadi sampah atau junk empat hari sebelumnya.

Komentar