10/06/2011

Steve Jobs Anak Imigran yang Diadopsi


Siapa sebenarnya Steve Jobs yang dalam kata-kata CEO Disney Robert Iger adalah sosok berdaya kreatif yang imajinasinya mendefinisikan sebuah era? Saya rangkaikan dari berbagai sumber mengenai beliau.

Steve Jobs ternyata hanya drop out-an dari perguruan tinggi, kemudian membangun komputer di garasi orangtuanya pada pertengahan 1970-an dengan seorang temannya, Steve Wozniak.

Mereka mendirikan apa yang sekarang disebut Apple Inc pada 1976 untuk menjual kreasi mereka. Apple, yang berbasis di Cupertino, California, mampu melampaui Microsoft Corp pada 2010 untuk menjadi perusahaan teknologi paling berharga di dunia.

24 Februari 1955: Anak laki-laki ini lahir di San Francisco dari pasangan mahasiswa pascasarjana Joanne Carole Schieble dan imigran Suriah Abdulfattah "John" Jandali. Jobs mengatakan dalam sebuah artikel 1997 New York Times Magazine bahwa ia tidak akan bicara tentang orang tua kandungnya. Dia diadopsi oleh Clara dan Paul Jobs, yang memberinya nama Steven Paul Jobs dan membawa dia ke pinggiran kota Mountain View dan Los Altos, California.

1972: Jobs lulus dari Homestead High School, sekolah Cupertino yang juga almamater Wozniak, mitra bisnis di masa depannya. Jobs mendaftar di Reed College di Portland, Oregon, dan drop out setelah satu semester. "Begitu aku keluar aku bisa berhenti mengambil kelas-kelas yang diperlukan tapi tidak menarik minat saya dan mulai mampir ke hal lain yang tampak menarik," katanya dalam sebuah pidato sekitar Juni 2005 di Stanford University.

1974: Jobs kembali ke California dan bekerja sebagai desainer di Atari Corp, perusahaan video game. Dia kemudian melakukan perjalanan ke India untuk mencari pencerahan spiritual.

1975: Jobs dan Wozniak nongkrong di Homebrew Computer Club, sebuah pertemuan informal para insinyur dan penghobi yang bertukar pengalaman dan ide-ide. Mereka berdua, berdasar artikel yang ditulis Wozniak, menunjukankomputer Apple I dan Apple II pada pertemuan klub itu.

1 April 1976: Jobs, Wozniak dan Wayne Ron mendirikan Apple. Wayne, yang bekerja dengan Jobs di Atari, menyerahkan 10% sahamnya di Apple kurang dari 2 minggu kemudian.

16 April 1977: Wozniak dan Jobs memperkenalkan Apple II, yang menjadi salah satu komputer pribadi pertama yang sukses.

Mei 1978: pacar Jobs, Chrisann Brennan, melahirkan seorang gadis, Lisa Brennan-Jobs. Chrisann merawat Lisa sendiri. Jobs kemudian bisa ‘berdamai’ dengan Lisa.

12 Desember 1980: Apple go public pada harga US$22 per saham. Setelah dilakukan split sejak saat itu, harga penawaran umum perdana adalah US$2,75. Saham Appel ditutup hari ini pada US$378,25.

Februari 1982: Jobs, dalam usia 26 tahun, menjadi fitur pada sampul Time di bawah judul, “Striking It Rich, America’s Risk Takers.” Dia muncul di sampul majalah tersebut lebih dari setengah lusin kali.

Januari 1983: Apple merilis Lisa, komputer komersial pertama yang dijual dengan mode graphical user interface. Lisa, yang dipatok dengan harga US$9.995, adalah kegagalan komersial.

Januari 1984: Apple mengumumkan komputer Macintosh baru dengan iklan yang ditayangkan hanya sekali, selama Super Bowl. Iklan tersebut menunjukkan seorang wanita melemparkan palu di sebuah layar raksasa yang diiringi suara berbunyi, "Pada 24 Januari, Apple Computer akan memperkenalkan Macintosh dan Anda akan melihat mengapa 1984 tidak akan seperti '1984'." Mac, yang dijual seharga US$2.500, menjadi komputer pribadi pertama yang sukses secara komersial yang memiliki grafis antarmuka bagi pengguna dan mouse.

Bersambung ....

0 komentar:

Posting Komentar