fbpx
Bantuan UKT Semester ganjil

Syarat mudah mendapatkan bantuan UKT Mahasiswa semester ganjil 2021 senilai 2,4 juta

Bantuan uang kuliah tunggal (UKT) senilai 745 Miliar akan mulai di salurkan pemerintah bulan ini dalam hal ini Kemendikbud-Ristek, bantuan yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang tidak mampu dan terdampak pandemic covid-19. Penyaluran bantuan ini bertujuan untuk meringankan beban mahasiswa di semester ganjil ini.

DAFTAR UKT SEMESTER GANJIL 2021

Setiap mahasiswa yang berhak mendapatkan UKT akan menerima bantuan senilai 2,4 juta per mahasiswa. Apabila biaya UKTnya lebih besar, dari 2,4 juta, maka selisihnya akan menjadi kebijakan masing-masing universitas.

Persyaratan untuk memperoleh bantuan UKT sangat mudah tanpa perlu membuat karya tulis ilmiah dan persyaratan memberatkan yang lain dan hanya diperuntukkan bagi mahasiswa kurang mampu yang dibuktikan dengan surat pernyataan orang tua yang diketahui RT atau Desa/Kelurahan.

Syarat penerima bantuan UKT Mahasiswa Semester Ganjil  2021

  1. Hanya bisa diterima oleh mahasiswa yang masih aktif kuliah.
  2. Penerima bantuan bukanlah penerima KIP Kuliah.
  3. Penerima bantuan bukan penerima bantuan beasiswa bidikmisi atau beasiswa dan bantuan lain dari pemerintah.
  4. Penerima adalah mahasiswa yang benar-benar kesulitan ekonomi dan tidak bisa membayar UKT semester ganjil 2021.

Tata cara Pendaftaran bantuan UKT Mahasiswa Semester Ganjil  2021

Apabila semua peryaratan sudah terpenuhi, maka mahasiswa bisa langsung melakukan pendaftaran dengan mengikuti proses sebagai berikut :

  1. Mengajukan diri atau daftar langsung ke pimpinan tertinggi di perguruan tinggi.
  2. Pimpinan tertinggi perguruan tinggi atau pihak kampus kemudian akan mengajukan daftar penerima bantuan UKT ke Kemendikbud-Ristek.
  3. Jika nama yang diajukan berhak menerima UKT, maka bantuan akan disalurkan langsung oleh Kementerian kepada perguruan tinggi.
  4. Penyaluran bantuan UKT 2021 diawasi Kemdikbud-Ristek, dan bakal ada sanksi bagi perguruan tinggi yang tidak memenuhi kewajiban bantuan UKT tersebut.
Berita terbaru   Kabar gembira untuk siswa dan guru, akan mendapat kuota gratis sampai Desember

Bantuan UKT ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa/mahasiswi yang tidak mampu sehingga apabila ada perguruan tinggi yang tidak mengajukan bantuan UKT Kemendikbud-Ristek 2021, sementara ada mahasiswa yang membutuhkan akan diberikan sanksi. Perguruan tinggi yang ketahuan melanggar akan mendapatkan sanksi berupa penalti kinerja yang berdampak pada alokasi anggaran dari pemerintah.

Dibutuhkan peran aktif mahasiswa dalam mengawal program ini agar tepat sasaran, apabila ditemukan pelanggaran dan penyimpangan mahasiswa melaporkan dengan  mengakses www.kemdikbud.lapor.go.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *