fbpx
Bantuan operasional Masjid musollah

Bantuan operasional Masjid dan Musollah total 6,9 Milyar, daftar segera untuk mendapat bantuan 20 juta

Pemeritah akan memberikan bantuan operasional Masjid dan Musollah yang berada di daerah terdampak pandemi covid-19 dengan total bantuan sebesar 6,9 Milyar. Bantuan yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Bimas Islam) Kementerian Agama ini dibagi menjadi 6,2 Milyar untuk Masjid dan 0,7 Milyar Untuk Musollah.

DOWNLOAD FORMULIR BANTUAN OPERASIONAL MASJID 2021

Masing-masing masjid akan mendapat bantuan operational sebesar 20 juta dan 10 juta untuk musollah, sehingga total masjid seluruh Indonesia yang terdampak covid-19 yang akan menerima bantuan adalah sebanyak 310 Masjid dan 70 Musollah

Bantuan operasional Masjid dan Musollah ini dapat dipergunakan takmir dan pengurus masjid atau musollah untuk memenuhi keperluan penerapan protokol kesehatan dan percepatan penanganan Covid-19. Termasuk daintaranya adalah penyediaan protokol kesehatan 5M seperti penyediaan sanitasi, cuci tangan, masker, hand sanitizer, disinfektan, dan alat pengukur suhu tubuh serta sarana pencegahan Covid-19 yang lainnya. Termasuk untuk kebutuhan pembayaran listrik, air, dan kebutuhan pembinaan keumatan yang dilakukan secara daring.

Dengan adanya bantuan ini sebagai bentuk dan dukungan pemerintah kepada takmir dan pengurus masjid atau musollah dalam penanganan pandemi Covid-19. bantuan operasional yang disalurkan dapat menjadi stimulan bagi takmir masjid dan musollah untuk melayani umat secara optimal di masa pandemi Covid-19.

Adanya pandemi Covid-19 memberikan dampak pada pembatasan dan peniadaan sementara kegiatan peribadahan dan kewajiban penerapan prokes. Ini tentu berpengaruh terhadap beban operasional bagi takmir dan pengurus masjid/musollah.

Syarat dan Dokumen pendukung Bantuan Operasional Masjid dan Musollah

Syarat 

  • Masjid atau mushala terdaftar pada Sistem Informasi Masjid (SIMAS) Kemenag
  • Memiliki rekening bank atas nama masjid atau mushala
  • Terdampak atau berada pada daerah yang terpapar Covid-19
Berita terbaru   Kuota gratis Kemendikbud kembali cair bulan April, Cek besaran dan waktu pengirimannya

Dokumen

  • Permohonan bantuan operasional masjid dan mushala yang ditujukan kepada Menteri Agama melalui Dirjen Bimas Islam/Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah
  • Rekomendasi pada Sistem Informasi Masjid (SIMAS) yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama setempat Fotokopi Keputusan Susunan Kepengurusan Rencana Anggaran Biaya (RAB)
  • Fotokopi buku rekening bank atas nama masjid atau mushala yang masih aktif
  • Surat pernyataan kebenaran dokumen yang ditandatangani oleh ketua pengurus bermeterai cukup.

Cara Pendaftaran

Untuk mendapatkan bantuan operasioan masjid dan musollah, pendaftaran dilakukan secara online dengan mengunjungi  https://simas.kemenag.go.id/page/permohonanbantuan.

Pendaftaran paling lambat tanggal 12 September 2021. untuk mengetahui informasi lebih lanjut bisa langsung mengunjungi Instagram @bimasislam pada link  tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *