fbpx
aplikasi cek bansos

Download Aplikasi Cek Bansos, mengetahui penerima bansos terbaru

Untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses bantuan sosial (BANSOS) kementerian Sosial meluncurkan aplikasi baru yang berfungsi untuk mengecek penerima, pengusulan hingga sanggahan. Aplikasi ini Bernama “Aplikasi Cek Bansos” dan saat ini sudah bisa di download di Google Play Store untuk android.

DOWNLOAD APLIKASI CEK BANSOS

Fitur terbaru dari Aplikasi Cek Bansos ini adalah usul dan sanggah untuk meningkatkan ketepatan penyaluran bantuan social dan merupakan terobosan terbaru untuk mengatasi permasalahan bansos saat ini yakni ada warga yang seharusnya mendapatkan bansos, tapi ternyata tidak dapat (exclusion error). Ataupun sebaliknya, ada warga yang tidak berhak menerima bansos, tapi malah mendapatkan bantuan (inclusion error)

Cek Bansos Melalui Aplikasi Cek Bansos

  1. Download aplikasi cek bansos di google play store. Langsung masukkan kata kunci “Aplikasi Cek Bansos” setelah itu akan keluar daftar aplikasi dan cek developer atau pembuat aplikasi yang resmi dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. Jangan download aplikasi yang bukan dari kemensos karena bukan merupakan aplikasi resmi
  2. Setelah proses download dan install selesai lakukan registrasi, karena mene cek bansos hanya bisa dibuka untuk akun yang sudah terdaftar dan melalui proses verifikasi dan aktivasi oleh admin kementerian . Siapkan KTP dan Kartu keluarga pada saat registrasi karena akan di butuhkan pada saat pendaftaran, aplikasi akan meminta foto KTP dan selfie dengan KTP saat registrasi. Setelah mendaftar isi kode OTP yang dikirimkan ke email Anda. Lalu Anda akan diminta menunggu data-data tersebut diverifikasi oleh petugas. Setelah diverifikasi, Anda dapat mengakses menu pada Aplikasi Cek Bansos.
  3. Apabila proses registrasi berhasil silahkan masuk Kembali ke Aplikasi cek bansos, untuk mengecek penerima bansos anda bisa langsung memilih menu cek bansos.
  4. Masukkan data Pilih provinsi tempat Anda tinggal, lalu kabupaten, kecamatan, dan kelurahan/desa. Kemudian ketikkan nama Anda sesuai di KTP dan klik “Cari Data”.
  5. Hasil pencarian Setelah itu Anda akan diarahkan ke laman hasil pencarian penerima manfaat. Di sana akan terlihat data-data berikut ini: provinsi kabupaten kecamatan kelurahan/desa nama umur dan status bansos yang diterima. Adapun bansos yang diterima bisa berupa BNPT, BST, maupun PKH. Jika Anda merupakan penerima manfaat atau penerima bansos, maka akan muncul data seperti ini: Status: Ya Periode: Mei-Juni 2021
Berita terbaru   Tanpa undang teman, 5 aplikasi penghasil uang terbukti membayar

Untuk mengetahui fitur usul dan sanggah aplikasi cek bansos bisa langsung melalui link ini

Originally posted 2021-08-25 00:24:12.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *