fbpx
ekonomi taiwan akan tumbuh

Taiwan Macan Asia yang tumbuh di tengah Pandemi di dorong peningkatan belanja rumah tangga

Tawan salah satu Macan Asia yang diprediksi akan mengalami pertumbuhan ekonomi positif tahun ini, salah satu faktor yang menjadi indikasi adalah pengeluaran rumah tangga di Taiwan pada 2021 diperkirakan mengalami peningkatan sebesar 2,4 persen secara tahunan (year-on-year). Fitch Solutions Country Risk & Industry Research melaporkan , kenaikan pengeluaran rumah tangga riil di Taiwan tersebut meningkat dibanding sebelum ada pandemi.

Dalam laporan Fitch Solutions Country Risk & Industry Research  Tahun ini diprediksi pengeluaran rumah tangga riil Taiwan mencapai 359,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 5.185 triliun, jika dibandingkan sebelum pandemi yaitu  tahun 2019  pengeluaran rumah tangga riil di Taiwan hanya diangka  315,5 miliar dollar AS atau setara Rp 4.456 triliun atau kurang lebih meningkat 16 %.

Dampak pertumbuhan ekonomi terhadap TKI

Tinggi kepercayaan konsumen dipercaya sebagai salah satu faktor pendorong peningkatan ekonomi di Taiwan, hal ini didasarkan karena keberhasilan pemerintah negara Asia Timur ini keluar dari lonjakan kasus covis-19 pada bulan Mei kemarin. Pemerintah setempat menghindari internal lockdown (penguncian dalam negeri) dan tetap membiarkan sektor perekonomian berjalan seperti biasa.

Hal lain yang dilakukan pemerintah Taiwan adalah melanjutkan perpanjangan ragam stimulus bagi masyarakat pada saat lonjakan kasus covid terjadi. Pemberian stimulan ini menumbuhkan belanja rumah tangga serta mengantisipasi terjadinya pertambahan pengangguran karena lesunya ekonomi.

Beberapa pengamat ekonomi memang memproyeksi tahun ini Taiwan akan mengalami pertumbuhan ekonomi hingga 5,5 persen, Hal ini berkat permintaan global terhadap produk semikonduktor yang meningkatkan permintaan ekspor kawasan tersebut. Data Biro Statistik Taiwan mengatakan, pertumbuhan yang diproyeksikan untuk 2021 merupakan peningkatan dari perkiraan sebelumnya untuk ekspansi 3,83 persen, dan percepatan dari pertumbuhan yang direvisi 3,11 persen untuk seluruh 2020.

Berita terbaru   5 Alasan Seorang Wirausaha Harus Berlibur

Pendorong utama pertumbuhan ekonomi Taiwan adalah permintaan semikonduktor yang penting sebagai bahan baku teknologi menyumbang lebih dari setengah total ekspor Taiwan. Ekonom bank investasi Prancis Natixis, Gary Ng mengatakan ekonomi Taiwan berada di “sweet spot” dengan permintaan yang tinggi untuk produk teknologi secara global, ditambah penanggulangan pandemi covid-19 yang relatif berhasil.

Dengan pertumbuhan ekspor ini, tingkat pengangguran di Taiwan juga bakal menurun menjadi 4 persen. Laporan tersebut juga menyebut, kenaikan kinerja pengeluaran rumah tangga riil akan berlanjut hingga Tahun 2022 mendatang menjadi 2,7 persen, terutama dari sektor ritel.
“Dengan ekonomi Taiwan yang diperkirakan akan berkinerja sangat kuat pada tahun 2021, kami percaya bahwa pertumbuhan lebih konvensional akan terlihat pada tahun 2022,” tutup laporan dari Fitch Solutions Country Risk & Industry Research

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *