fbpx
Harga smartphone akan naik

Pengen Ganti HP, Pertimbangkan untuk membeli secepatnya, harga diprediksi akan naik

Ada rencana untuk mengganti HP atau smartphone ke tipe yang lebih tinggi, sebaiknya pertimbangkan untuk segera melaksanakan niat tersebut, karena di prediksi harga smartphone tahun ini akan melonjak signifikan, hal ini disebabkan karena adanya masalah suplay chip secara global yang digunakan oleh semua smartphone, suplay yang terbatas ini menyebabkan terhambatnya produksi sehingga harga akan naik, ditengah permintaan yang masih tinggi.

Menurut Glenn O’Donnell yang merupakan peneliti di Forrester kelangkaan chip ini akan menyebabkan harga smartphone tinggi dan akan terjadi kekurangan pada beberapa model tertentu. Kekurangan pasokan chip ini akan diprediksi berlangsung lama, setidaknya  2 tahun karena permintaan yang sangat tinggi, dan dibutuhkan biaya milyaran dolar untuk membangun fasilitas pengembangan chip yang saat ini dikembangkan oleh Intel , TSMC dan perusahaan lainnya. sebagaimana dikutip dari techrepublic.com

Daftar Harga HP Terbaru

Secara keseluruhan, kata O’Donnell, permintaan akan tetap tinggi dan pasokan akan tetap rendah, yang berarti pandangan Forrester terhadap seluruh situasi adalah kekurangan yang berlangsung hingga 2022 atau 2023. “Menurut pusat data kelangkaan chip akan tetap berlangsung sampai beberapa tahun yang akan datang yang ditandai dengan pasokan yang kurang di tahun 2020, dan chip ini  akan menjadi “demam emas” baru dalam bidang  teknologi. Permintaan yang sangat besar ini dipengaruhi bukan hanya karena perkembangan industri smartphone namun juga karena  pertumbuhan berkelanjutan dalam komputasi awan dan penambangan cryptocurrency, dan kami tidak melihat apa pun selain booming masa depan untuk permintaan chip, “O’Donnell Melanjutkan

Masalah ketersediaan dan kenaikan harga membuat pembeli teknologi memiliki beberapa pilihan, kata O’Donnell. Tidak semuanya ideal, tetapi sampai industri manufaktur chip melewati rintangan ini, satu atau lebih dari strategi ini mungkin diperlukan:

  • Tunggu, tapi ketahuilah bahwa penantiannya bisa berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan lebih lama dari yang diperkirakan,
  • Batalkan pesanan dan bekerja dengan apa yang Anda miliki,
  • Terima kenyataan bahwa Anda harus membayar lebih,
  • Pilih konfigurasi yang berbeda atau vendor yang berbeda,
  • Beli bekas,
  • Bermigrasi ke awan,
  • Manfaatkan server pusat data, yang menurut O’Donnell sering menggunakan sekitar 20-30% pemanfaatan.
Berita terbaru   Aplikasi penghasil uang terbukti membayar lewat DANA, OVO dan GOpay

Kelangkaan chip ini akan berpengaruh pada pada hampir semua produsen ponsel, Mulai dari Apple, Samsung, LG sampai produsen asal chine yaitu Xiaomi dan Huawei.

“Dalam kasus Apple, Anda mungkin bisa mendapatkan iPhone 12 kelas atas, tetapi tidak iPhone XS kelas bawah. Untuk pembuat smartphone lain seperti Samsung, LG, dan merek China seperti Xiaomi dan Huawei semua akan merasakan kesulitan,” jelas O’Donnell.

Tim Cook CEO Apple membenarkan kondisi ini, masalah kelangkaan chip akan mengganggu produksi dan penjualan produk mereka baik Iphone maupun iPad. Tim Cook menjelaskan yang menjadi masalah bukan pada prosesor yang dibuat sendiri oleh Apple. Namun adalah chip untuk menyalakan layar atau mendekode audio.

“Kekurangannya bukan pada prosesor bertenaga tinggi yang diproduksi Apple untuk perangkatnya, tetapi chip untuk fungsi sehari-hari seperti menyalakan layar ponsel dan mendekode audio,” jelasnya.

Selain Apple Nokia pun juga mengukapkan hal yang sama, melalui perusahaan mereka HMD, kelangkaan chip ini bukan hanya berpengaruh pada perusahaan besar, namun juga pada perusahaan skala kecil yang menggunakan semikonduktor.

“Kami melihat pasti ada keketatan keseluruhan dalam rantai pasokan. Kami mungkin melihat ketidakseimbangan tertentu di pasar,” kata CEO HMD, Florian Seiche.

Permintaan pasokan chip yang sangat tinggi selain karena penggunaan yang sangat luas di Industri Smartphone, Mining Cryptocurrency, Penyimpanan Cloud, salah satu faktor yang mendorong adalah karena permintaan yang tinggi di sektor otomotif.

“Sekarang sektor otomotif dan lainnya mengejar dan mulai merebut kembali kapasitas yang telah mereka tinggalkan, ada persaingan ketat untuk pasokan semikonduktor,” jelas analis semikonduktor di Accenture, Syed Alam.

Originally posted 2021-08-03 13:12:44.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *