fbpx
bantuan subsidi upah karyawan

Bantuan Subsidi Upah Karyawan 1 juta akan cair sekaligus, cek persyaratan lengkapnya

Tidak lama lagi bantuan subsidi upah untuk karyawan sebesar 1 juta rupiah akan dicairkan pemerintah, hal ini untuk mendorong perekonomian pada saat PPKM dan juga mencegah terjadinya PHK. Stimulan ini diharapkan mampu membantu masyarakat terutama para karyawan atau pekerja yang bergaji dibawah 3.5 juta rupiah. Pemerintah melanjutkan lagi program bantuan subsidi gaji tahun ini, Namun tidak semua karyawan akan mendapatkan bantuan ini, ada beberapa kriteria tambahan yang menjadi persyaratan untuk menerima bantuan ini.

Cek penerima bantuan subsidi upah 2021

Bantuan subsidi gaji ini atau yang disebut subsidi gaji/upah bagi pekerja/buruh (BSU) bakal diberikan sekaligus melalui transfer bank. Proses transfernya akan dilaksanakan setelah semua proses verifikasi dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini kemnaker melalui perusahaan tempat karyawan bekerja. Sebelumnya tahun lalu bantuan ini sudah dicairkan ke 12,4 juta pekerja, sedangkan untuk tahun ini jumlahnya akan berkurang menjadi sekitar 8 juta pekerja saja yang berhak mendapatkan bantuan subsidi upah ini.

Kriteria penerima Bantuan Subsidi Upah 2021

Bantuan subsidi upah tahun ini hanya diperuntukkan bagi karyawan atau pekerja yang memenuhi kriteria berikut sebagaimana yang dikutip di Kemnaker.go.id

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Pekerja/Buruh penerima Upah di bawah Rp3,5 juta atau UMK setempat. Sementara pekerja di wilayah PPKM dengan UMK-nya di atas Rp.3,5 juta, maka UMK menjadi batas kriteria upah
  • Terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan.
  • Berada di Zona PPKM Level 4. (cek daftar daerahnya disini)
  • Pekerja/buruh pada sektor industri barang konsumsi, perdagangan dan jasa (kecuali jasa Pendidikan dan Kesehatan), transportasi, aneka industri, properti dan real estate.
Berita terbaru   Cara mengecek penerima Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) UMKM

Syarat penerima Bantuan Subsidi Upah 2021

Persyaratan utama penerima bantuan subsidi upah adalah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Peserta yang akan mendapat bantuan subsidi upah karyawan  adalah yang membayar iuran dengan iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp 3,5 juta, sesuai dengan upah terakhir yang dilaporkan pemberi kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, terkait skema dan kriteria BLT subsidi gaji ini masih dalam proses pembahasan Kemnaker.

Menurut Direktur Utama BPJAMSOSTEK atau BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo mengatakan hingga saat ini pihaknya masih menunggu regulasi BSU oleh pemerintah. Regulasi tersebut akan mengatur syarat dan kriteria tentang detail peserta BPJAMSOSTEK yang berhak mendapatkan BSU. Seperti kelompok segmen pekerja, tanggal kepesertaan aktif, besaran upah maksimum, kategori jenis industri dan wilayah terdampak, serta besaran BSU yang akan diterima.

Tahun Ini bantuan subsidi upah karyawan  sebesar Rp 500.000 selama dua bulan yang akan diberikan sekaligus, dengan cara transfer ke rekening penerima sekaligus, yang artinya para penerima manfaat akan langsung mendapatkan 1 juta, dengan total dana sekitar 8 triliun yang akan diperuntukkan untuk 8 juta karyawan.

Cara Cek Penerima Bantuan Subsidi Upah karyawan 2021

BPJS ketenaga kerjaan dipilih sebagai sumber data penyalura bantuan subsidi upah karyawan tahun ini karena merupakan sumber data paling akurat dan lengkap, sehingga data yang peroleh dapat dipertanggungjawabkan sehingga penyaluran dapat cepat dilaksanakan dan tepat sasaran. Perusahaan atau Pemberi kerja harus memastikan hak seluruh pekerja untuk terdaftar di BPJAMSOSTEK telah terpenuhi sesuai regulasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek). Karena perlindungan BPJAMSOSTEK sangat penting di masa Pandemi.

Apabila semua persyaratan sudah terpenuhi, para karyawan bisa mengecek status kepesertaan pada BPJAMSOSTEK untuk memastikan data mereka terdaftar, pengecekan bisa dilakukan melalui aplikasi mobile BPJSTKU yang dapat didownload di google play store untuk Android dan App store untuk IOS. Pekerja juga dapat bertanya langsung pada pengurus HRD masing-masing, apakah hak perlindungan Jamsostek sudah didapatkan.

Berita terbaru   BLT UMKM Tahap 2 pendaftaran sampai 28 Juni 2021, Tahap 3 adalah Hoax

Jika semua persyaratan dan kriterian sudah terpenuhi, tinggal menunggu waktu pencairan yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *