fbpx
kuota gratis

Kabar gembira untuk siswa dan guru, akan mendapat kuota gratis sampai Desember

Kabar gembira untuk para siswa, guru dan dosen, pemerintah akan menambah alokasi anggaran subsidi bantuan kuota internet gratis selama PPKM untuk pendidik dan pelajar yang akan di perpanjang sampai akhir Desember 2021.

Penambahan kuota gratis ini sudah di setujui oleh Menteri keuangan Sri Mulyani, dalam konferensi pers Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat, adapun penambahannya adalah sebanyak 5.54 triliun untuk cover sampai Desember 2021, sehingga total anggaran untuk bantuan kuota gratis ini adalah sebanyak 8,53 triliun.

Syarat terbaru penerima kuota gratis

“Kami alokasikan Rp5,54 triliun untuk cover sampai Desember, sehingga totalnya menjadi Rp8,53 triliun,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam konferensi pers Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat, Sabtu (17/7/2021).

Sri Mulyani menjabarkan bahwa sasaran bantuan kuota adalah 38,1 juta siswa dan tenaga pengajar. Teknis kebijakan tengah dibahas dengan kementerian dan lembaga terkait. Adapun Pelajar dan tenaga pengajar di Indonesia sempat menikmati bantuan subsidi kuota internet belajar yang diberikan pemerintah pada periode Maret–Mei 2021.

Cara cek kuota gratis untuk semua operator

Besaran Kuata Gratis

Pada periode sebelumnya Maret–Mei 2021, Kemendikbud membagikan kuota internet kepada peserta didik dan tenaga pengajar berdasarkan beberapa kategori, program inipun akan berlanjut sampai Desember 2021 dengan rincian sebagai berikut :

  • Peserta didik PAUD mendapat kuota umum sebesar 7 GB,
  • Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapat kuota sebesar 10 GB.
  • Pendidik PAUD dan pendidikan jenjang dasar dan menengah mendapat kuota sebesar 12 GB.
  • Dosen dan mahasiswa mendapat kuota sebesar 15 GB.
Berita terbaru   Cair September - November, Simak alur kuota gratis kemendikbud dari daftar sampai terima

Kuota yang diberikan adalah kuota umum, yang dapat digunakan untuk mengakses YouTube. Berdasarkan data verifikasi dan validasi nomor ponsel Kemendikbud per November 2020, jumlah peserta didik penerima bantuan subsidi kuota, dengan parameter nomor yang dimiliki sesuai dengan format nomor ponsel dan aktif, mencapai 34.085.658 peserta didik. Namun, program tersebut terhenti pada Juni 2021, seiring dengan wacana kelas belajar tatap muka dibuka kembali pada Juli. Namun, kegiatan belajar mengajar luring dibatalkan karena penyebaran virus Covid-19 kembali mengganas karena adanya varian Delta. Sementara itu mulai 3 Juli 2021 pemerintah juga PPKM Darurat yang kembali mewajibkan seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memberikan subsidi kuota internet gratis bagi guru dan siswa serta mahasiswa selama empat bulan. Subsidi ini diberikan guna mendukung penyelenggaraan pendidikan jarak jauh (PJJ) selama pandemi corona.

Kuota Internet Gratis

Kuota internet gratis tersebut akan langsung diberikan langsung ke nomor telepon seluler siswa dan guru. Subsidi kuota internet untuk siswa, guru, mahasiswa dan dosen akan diberikan mulai dari September hingga Desember 2020.

Untuk siswa, subsidi kuota internet gratis akan diberikan sebesar 35 gigabyte (GB) per bulan, untuk guru sebesar 42 GB per bulan, untuk mahasiswa dan dosen sebesar 50 GB per bulan. Kemendikbud mengalokasikan anggaran sebesar Rp8,9 triliun yang diperuntukkan untuk subsidi kuota internet untuk siswa, guru, mahasiswa dan dosen, serta meningkatkan jumlah penerima tunjangan profesi.

Syarat Penerima bantuan kuota gratis

Berdasarkan surat edaran Kemendikbud dengan nomor 8202/C/PD/2020, ada tiga syarat yang mesti siswa penuhi untuk bisa menerima kuota gratis, yakni:

1. Siswa aktif per T.A 2020/2021

Berita terbaru   Kuota gratis Kemendikbud kembali cair bulan April, Cek besaran dan waktu pengirimannya

2. Terdata di aplikasi Dapodik

3. Melengkapi data diri (menuliskan nomor telepon yang aktif)

Cara Penyaluran Kuota

Cara mendapatkan kuota gratis Kemendikbud untuk peserta didik adalah,

Perguruan tinggi

  • Mahasiswa terdaftar aktif di masing-masing universitas
  • Mendaftarkan nomor telfon ke pihak kampus
  • operator seluler akan menyaluarkan kuota gratis berdasarkan nomor yang di daftar.

Sekolah

  • Sekolah mendata nomor telpon siswa dan guru. Bagi anak yang tidak memiliki nomor telpon bisa mendaftarkan nomor telpon orang tuanya
  • Data yang terkumpul disetor ke satuan pendidikan
  • Nomor telpon diinput ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
  • Pemilahan operator tiap nomor
  • penyaluran kuota gratis ke masing-masing siswa dan guru

Siswa atau orangtua/wali siswa yang nomor ponselnya telah terdaftar, nantinya akan mendapatkan kuota gratis. Rencananya, awal September kuota internet itu akan sampai pada nomor telepon siswa dan guru. Namun, bagaimana jika anak tidak punya ponsel dan memakai nomor orang tuanya? Nomor yang didaftarkan boleh memakai nomor orang tuanya.

303 comments

  1. Saya sangat butuh kuota untuk belajar πŸ™

  2. Kok saya belum dapat ya kuotanya

  3. Saya butuh kuota gratis buat belajar,mau beli kuota nggak ada uang

  4. Saya mga belum dapat pulsa nya

  5. Saya siswa smp tapi sya tdk pernah dapat kuota gratis nya

  6. Mohon saya adalah mahasiswa sya ingin mendapatkan kuota gratis selama belajar PPKM

  7. Tolong kirimkan saya kouta buat belajar

  8. Tolong kirimkan saya kouta buat belajar. Tolong yaa..πŸ™πŸ˜Ÿ

  9. saya butuh kuota untuk di pake belajar

  10. Saya blm dapat kuota inπŸ₯Ί

  11. pemerintah tolong berikan kuota ke klo gak uang saya dh gak punya apa apa

  12. Saya Ingin Mendapatkan Kouta Gatis

  13. Sayah pingin kuota untuk belajar tapi sayah GX ada uang untuk beli😒

  14. Tolong bantuan Kouta geratis buat MPLS pemerintah

  15. saya sangat butuh dengan kouta in mau beli tapi ga ad uang

  16. Saya butu kuota untuk belajarπŸ™

  17. Aku butuh kuota gratis

  18. saya juga mau kuato butuh tapi gak punya uang

  19. Alia Salsa Nurnabila

    Saya sangat butuh kuota belajar πŸ™πŸ»

  20. Pemerintah tolong berikan kuota untuk blajar online

  21. Pemerintah tolong berikan saya kuota belajar

  22. Trimakasi untuk pemerintah yang suda memberi bantuan berupa kuota gratisπŸ™

  23. Saya hanya ingin mendapatkan kuota gratis karna saya tidak punya uang lagi untuk isi pulsa untuk belajar

  24. Pemerintah tolong berikan sya kuota gratis internet

  25. Aku juga butuh TPi ngak pegang uang

  26. Saya ingin kuota gratis untuk belajar

  27. Saya butuh banget kuota gratis untuk belajarπŸ™

  28. Saya sangat butuh kouta gratis karna buat belajarπŸ™ setiap hari harus daring kalau tidak ikut maka nilai saya akan turun. Jika beli pun saya tidak mau terus minta kepada orang tua saya

  29. Saya sangat sangat butuh kouta gratis untuk belajar😌

  30. Mohon bantuan dan dukungan ny

  31. Kenapa saya tidak rapak bantuan kuota geratisya Tolong saya ingin kouta gratis nya untuk belajar saat saring plisss

  32. Mau aku tida ada paket sama sekali

  33. Saya butuh kuota karna belajar online

  34. Saya juga mau kouta gratis

  35. Saya ingin sekali bantuan ini untuk belajar dan meraih cita”saya

  36. Aku juga ingin kuota gratis

  37. Kuota gratis aku mau

  38. Siti Elin Ziah P,S

    Saya butuh banget kuota buat sekolah daring

  39. Sya butu kouto gratis untuk belajar

  40. September ini akan cair antara tanggal 11 -15, pastikan sudah terdaftar di sekolah atau perguruan tinggi masing-masing

  41. Saya butuh kuota untuk belajar

  42. Saya membutuhkan kuota untuk ngerjain tugas online πŸ™πŸ™πŸ˜“

  43. saya ingin kuota untuk mengerjakan tugas online

  44. Alfrid guru ladu meha

    Sy butuh kuota untuk belajar online

  45. sya sangat butuh kuota gratis buat blajar

  46. Dewi mulia wati Harefa

    Saya sangat membutuhkan kuota untuk belajar online

  47. Saya butuh kuota buat belajar

  48. Sya membutuhkan kuota biar bisa mengerjakan tugas kuliah

  49. Saya butu Kouta untuk sekolah saya

  50. saya membutuhkan kuota blajar

  51. Saya plajar kls 2.sd sy sdng blajar daring tapi kadang GX punya kota

  52. tolong gimana cara nya lumayan buat anak saya sekolah daring..

  53. Saya sangat butuh kuota internet, untuk belajar kedua anakku

  54. Saya butuh data untuk pake belajar πŸ™πŸ™

  55. Blum bisa komen blom dapat

  56. Mohon kuota geratis nya

  57. Zeny Dyah via Sihotang

    Saya butuh kuota untuk belajar πŸ™

  58. Saya butuh kota internet belajar

  59. Saya sebagai pelajar SMA

  60. Kuota gratis

  61. Saya butuh kuota gratis

  62. Saya sangat membutuhkan kuota gratis ini ank saya paud dan SMA untuk darimg

  63. Saya sangat butuh sekali kuota buat belajar

  64. Saya sangat butuh sekali kuota internet buat belajar online saya masih smk

  65. Saya mendaftar karena saya tida punya uang lagi untuk beli kuota ataw pulsa

  66. Frengki Simamora

    Saya sangat berharap mendapatkan kuota bantuan karena saya sagat membutuh kan nya untuk mengikuti belajar daring

  67. Saya berharap di beri kota geratiss dari pemerintah semoga dikir secepatnya

  68. Saya membutuhkan koata internet untuk belajar online

  69. Saya ingin kuota internet untuk belajar

  70. Saya sangat butuh kuota untuk belajar

  71. Saya dari NTT
    Saya membutuhkn kuota belajar karena saya ingin mengerjakan tugas sekolah saya seorang pelajar kelas 10..trmksh

  72. Saya mau kuota internet gratis

  73. Saya butuh kuota belajar

  74. Sayang mau kouta belajar

  75. Saya ingin sekali kuota belajar

  76. Monika dwi zahra

    Saya ingin kuota belajar

  77. Saya membutuhkan bantuan kuota gratis ini untuk pjjπŸ™

  78. Saya ingin sekali kuota belajar

  79. Saya sangat membutuhkan kuota itu untuk belajarπŸ™

  80. Ingin mendapatkan kupta gratis untuk belajar

  81. Saya sangat butuh kuota gratis ini

  82. Siap belajar

  83. Mau pulsa gratis buat pelajar online

  84. Saya sangat membutuhkan kuota gratis untuk belajar

  85. Saya Sangat Membutuhkan Kuota Belajar

  86. Saya butuh kuota gratis

  87. Naira puspita sari

    Aku butuh kuata untuk belajar di rumah. Mau beli gak ada uang. Orang tua ku orang miskin. Jangankan beli paket. Imakan pun susah

  88. Saya sangat butuh kuota belajar

  89. Saya sanyat butuh kuota belajar

  90. Assalamualaikum,
    Mohon bantuan nya kak

  91. Sri Hilma botutihe

    Saya butuh pulsa ka,soalnya mau kerja tugas.trus orng tua saya nggak ada uang mau beli pulsa

  92. sayah membutuh kan kuota belajarπŸ™πŸ™

  93. Saya butuh kuota buat belajar

  94. Tolong sy sangat butuh kuota/internet belajar

  95. Saya sangat butuh Kouta untuk belajar

  96. Maulana Dendi Firmansyah

    Saya butuh kuota untuk belajar di rumah

  97. Sya butuh kouta untuk sekolah onlineπŸ˜­πŸ™

  98. Aku mau paket data untuk ngerjain tugas

  99. Saya membutuhkan Kuota sangat membutuhkan

  100. Saya sangat memohon sama pemerintah bahwa saya sangat butuh dengan Kouta geratis dari pemerintah

  101. Semoga dapet kuota gratis aminnn

    Biar bisa untuk belajar

  102. Mohon bantuan dan hati baiknya kak
    Saya sangat membutuhkan nya

  103. Saya butu kouta belajar

  104. Saya ingi dapat paket ini tapi gak punya uanh

  105. Riska Anis sulha

    1 September 2021

    Saya butuh kuota

  106. Saya sangat membutuhkanya karena buat membantu saya agar bisa melakukan aktifitas belajar

  107. Saya butuh kuota TELKOMSEL buat belajar tugas daring

  108. Kak saya butuh banget kuota nya buat belajar tugas daring

  109. Syalom,
    Saya sangat berharap kepada bpak/ibu agar bisa mendapatkan kuota belajar karna saya sngat membutuhkannya untuk mengikuti belajar onlineπŸ™πŸ™

  110. Mohon bantuan kuota gratis nya kakπŸ₯Ί

  111. MALIKA APRLIA PUTRI

    Saya butu kuota gratis

  112. Sya blm dapat kuota geratis nya

  113. Mohon kuota gratis ya kak

  114. Saya butuh kuota ini untuk belajar darih rumah pada massah pandemi

  115. Tolong kirimkan saya kuota geratis agar saya dapat belajar dengan tenang

  116. Saya belum pernah mendapatkan kuota gratis

  117. Saya mohon butuh kuota untuk belajar

  118. Saya membutuhkan kuota untuk belajar

  119. Kuota saya mau abis untuk belajar onlen nih,saya butuh banget.plisssss……

  120. Wisma maulana ahsa

    Saya butuh Kouta buat bljr

  121. Saya ingin mendapatkan kuato gratis selama saya masih di jenjang pendidikan

  122. Kuota saya mau habis saya butuh banget kuota utk belajar daring

  123. Saya sangat membutuhkan Kouta untuk belajar secara daring mohon bantuan nyaπŸ™πŸ™

  124. saya pengen kuota gratis untuk belajar

  125. Ga pernah dpat😌

  126. Saya sangat butuh Kouta ini buat belajarπŸ™

  127. Saya Butuh Kuota Untuk Belajar Ini Nomor Nya
    081224366753

  128. Saya butu paket untuk blajar

  129. Saya butuh paket untuk belajar

  130. Saya sangat butuh kuota gratis
    Untuk belajar.

  131. Saya butuh kuota untuk belajarπŸ™

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *