fbpx
bantuan PPKM

Percepatan penyaluran Bansos selama PPKM, Masih ada 7 yang akan dicairkan

Rencana pemerintah melakukan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang akan dilaksanakan 3 – 20 juli 2021 untuk menghindari gelombang penyebaran covid-19 yang beberapa hari ini cukup meningkat terutama di wilayah Jawa dan Bali.

Untuk menunjang kegiatan perekonomian pada saat PPKM darurat dilaksanakan dan meringankan beban masyarakat, pemerintah akan mempercepat pencairan beberapa bantuan mulai dari bansos tunai sampai subsidi listrik, stimulus ini diharapkan dapat diterima masyarakat minggu kedua Juli 2021

Cek cara mendapatkan bantuan selama PPKM

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, menyampaikan sejumlah bantuan yang akan diberikan pemerintah dalam menyikapi PPKM Darurat.

Bansos Tunai

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati akan memperpanjang Bansos Rp. 300 ribu selama 2 bulan untuk periode Juli-Agustus dan menyiapkan anggaran Rp 6,1 triliun untuk memperpanjang program bantuan sosial tunai (BST).

Baca juga Bansos tunai jadi 1 juta 

Bansos tunai Rp. 300 ribu diperuntukan untuk 10 juta masyarakat tidak mampu atau keluarga miskin. Kriterianya adalah mereka yang belum menerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Sembako

“BST selama ini sudah diberikan untuk 9,6 juta KPM (keluarga penerima manfaat) dengan anggaran Rp 11,94 triliun, yaitu untuk penyaluran Januari hingga April, dan itu dilakukan setiap bulannya dengan indeks Rp 300.000 per kelompok penerima per bulan,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, Jumat (2/7/2021).

“Untuk perpanjangan dua bulan ini, kita harapkan akan dibayarkan pada bulan Juli dan Agustus, targetnya 10 juta KPM di 34 provinsi,” kata Sri Mulyani.

 

BLT UMKM

Cara Daftar Online BLT UMKM

Sebanyak 3 juta UMKM akan mendapat bantuan Rp 1,2 juta selama PPKM Darurat. Pemerintah akan menambah target penerima bantuan produktif untuk usaha kecil (BPUM) atau BLT UMKM.

Berita terbaru   Cara daftar online BLT UMKM 2021 dan link pendaftaran masing-masing daerah

Menurut Sri Mulyani di kuartal I dan kuartal II BPUM ini baru terealisir 9,8 juta usaha kecil yang sudah menerima bantuan. Realisasinya Rp 11,76 triliun.

“Seperti diketahui untuk BPUM ini bantuan produktif lokasinya adalah Rp 15,36 triliun, targetnya untuk 12,8 juta usaha mikro di mana mereka mendapatkan Rp 1,2 juta bantuan produktif cash,” ujar Sri Mulyani.

“Untuk PPKM darurat ini yang pada bulan Juli kita berharap sampai dengan September untuk sisa anggarannya Rp 3,6 triliun bagi 3 juta UMKM bisa diberikan sehingga juga sekali lagi membantu masyarakat pada kondisi PPKM darurat,” paparnya.

Adapun target BLT UMKM disalurkan yakni pada Juli hingga September 2021.

Cara cek BLT UMKM di BRI dan BNI

Subsidi Diskon Listrik

Rencana pemberlakuan PPKM darurat yang dilaksanakan di Jawa dan Bali mendorong Pemerintah untuk kembali memperpanjang diskon tarif listrik golongan 450 VA dan 900 VA bersubsidi, yang sebelumnya rencana berakhir bulan Juli

“Nah, kami dengan adanya PPKM ini akan memperpanjang lagi diskon 50% untuk 450 VA, dan 900 VA dengan 25% sampai dengan kuartal ketiga. Jadi durasinya diperpanjang 3 bulan 6 bulan dan sekarang 9 bulan sampai dengan September,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, Jumat (2/7/2021), dikutip dari laman kemenkeu.go.id.

Mereka yang akan menerima diskon listrik adalah 32,6 juta pelanggan yang merupakan pelanggan untuk 450 VA dan 900 VA bersubsidi. Anggaran yang digelontorkan Rp 7.58 triliun.

“Sekarang untuk perpanjangan hingga kuartal ketiga total anggaran bantuan adalah sebesar Rp1,69 triliun,” terang Menkeu.

Pemerintah juga akan memberikan bantuan rekening minimum dan biaya beban atau abonemen listrik terutama bagi pelanggan bisnis, industri dan sosial dengan sasaran 1,14 juta pelanggan, yang juga diperpanjang hingga bulan September.

BLT Dana Desa

Pemerintah akan mempercepat penyaluran Dana Desa yang akan diprioritaskan untuk penanganan COVID-19 berupa BLT Dana Desa. Pemerintah akan mempercepat penyalurannya kepada 8 juta orang penerima. Nilai bantuannya Rp 300.000/bulan.

Berita terbaru   BLT UMKM Tahap 2 pendaftaran sampai 28 Juni 2021, Tahap 3 adalah Hoax

“BLT di sini diberikan kepada keluarga miskin atau yang tidak mampu atau rentan di desa dengan besaran Rp 300.000 per kelompok penerima per bulan, sehingga akan diperkirakan penerimanya 8 juta kelompok penerima, dengan anggaran sebesar Rp 28,8 triliun,” kata Sri Mulyani.

“BLT Dana Desa akan sangat penting untuk PPKM Darurat terutama zona merah,” kata Sri Mulyani, dikutip dari YouTube Kompas TV, Jumat.

“Dana Desa diprioritaskan untuk memberikan BLT Desa dan untuk penanganan Covid-19,” sambungnya.

Penyaluran BLT Dana Desa dapat dirapel secara triwulanan. Kebijakan baru akan ditetapkan pada awal Juli 2021, bersamaan dengan pelaksanaan PPKM Darurat.

Program Keluarga Harapan (PKH)

Pemerintah mempercepat penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) saat pemberlakuan PPKM Darurat. Menurut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, bantuan tersebut mulai disalurkan Juli ini.

“Dengan adanya PPKM Darurat mestinya kuartal ketiga ini kita akan mempercepat penyalurannya pada bulan Juli sehingga KPM (keluarga penerima manfaat) akan mendapatkan 3 bulan sekaligus di bulan Juli ini dan diharapkan akan memperkuat daya tahan sosial dari para keluarga PKH,” kata dia dalam konferensi pers virtual, Jumat (2/7/2021).

Sejalan dengan itu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan penyaluran bansos dipercepat. Kebijakan itu berdasarkan koordinasi dengan beberapa kementerian/lembaga terkait guna memastikan penyaluran bansos tepat sasaran.

Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) diberikan pada 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Lalu, Program Sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) diberikan pada 18,8 juta KPM. Muhadjir Effendy mengatakan, penyaluran bansos paling lambat pada minggu kedua Juli 2021.

Pemerintah berharap pada kuartal III bisa mencapai target penerima manfaat sebanyak 10 juta KPM, di mana masing-masing KPM menerima jumlah bantuan yang berbeda tergantung komposisi anggota keluarganya.

“Kalau keluarganya ada ibu hamil, anak usia dini maka dia mendapatkan Rp 3 juta, untuk yang memiliki anak SD maka dia dapat dukungan Rp 900 ribu, kalau anaknya sudah SMP dapat Rp 1,5 juta, untuk SMA Rp 2 juta, dan untuk yang memiliki anggota disabilitas atau lansia mereka mendapatkan Rp 2,4 juta,” jelas Sri Mulyani Indrawati.

Berita terbaru   Info BLT yang akan cair bulan Juni, masih ada 5 bantuan

“Mudah-mudahan paling lambat pada minggu kedua bulan Juli bansos akan bisa disalurkan ke seluruh pelosok Tanah Air kepada keluarga penerima manfaat yang membutuhkan,” ujarnya, Kamis (1/7/2021), dikutip dari laman kemenkopmk.go.id.

Kartu Sembako

Pemerintah akan mengoptimalkan program kartu sembako senilai Rp 200.000 di saat PPKM Darurat berlangsung. Anggaran Kartu Sembako sendiri sebesar Rp 42,37 triliun. Sementara sampai Juni baru terealisasi Rp 17,75 triliun dari target Rp 42,37 triliun itu untuk 18,8 juta KPM.

Sri Mulyani mengatakan sampai dengan Juni ini target 18,8 juta itu belum tercapai. Kementerian sosial masih terus memperbaiki datanya untuk bisa mendapatkan target sampai 18,8 juta.

“Jadi realisasinya selama ini masih di 15,9 juta, jadi masih ada ruang hampir 3 juta kelompok penerima yang bisa diberikan kartu sembako sebesar Rp 200.000 per bulan. Pembayaran selama ini diberikan secara bulanan,” ujarnya.

Kartu Prakerja

Selama PPKM pemerintah berharap penyaluran program Kartu Pra Kerja sebanyak 10 triliun untuk 2,8 juta peserta, hal ini diungkapkan oleh Menkeu Sri Mulyani dalam konfrensi pers virtual.

“Realisasinya sampai dengan 30 Juni ini 10 triliun sudah tercairkan untuk 2,8 juta peserta. Semester 2 dan berkaitan juga dengan PPKM darurat kita berharap akan bisa tersalurkan 10 triliun lagi untuk 2,8 juta peserta,” kata Sri Mulyani.

Lewat program Kartu Prakerja, peserta menerima manfaat pelatihan yang nilainya Rp 1 juta, dan dia juga mendapatkan cash sebesar Rp 2,4 juta yaitu Rp 600 ribu per bulan untuk 4 bulan. Lalu insentif mengisi survei Rp 150 ribu untuk tiga kali survei. Jadi total manfaat setiap peserta Prakerja adalah Rp 3,55 juta.

 

5 comments

  1. Dampak corona butuh bantuan pemerintah

  2. Butuh bantuan bansos krn berdampak covit 19 sejak Musim covit susah mencari nafkah

  3. dampak korona butuh bantuan pemerintah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *