fbpx
backup data iphone

Cara Memindahkan Data dari Iphone Lama ke iPhone Baru

Iphone tak henti memanjakan peminatnya dengan produk barunya yang semakin canggih. Jika Anda membeli iPhone baru untuk menggantikan iPhone lama Anda, tentunya Anda perlu memindahkan data dari iPhone lama ke iPhone baru. Pemindahan data ini dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi berikut.

Gunakan Aplikasi iTunes atau Finder

Cara pertama ini paling sering digunakan terutama pada Anda yang telah terbiasa mencadangkan iPhone ke iTunes atau Finder di Catalina. Aplikasi ini akan membantu Anda membuat cadangan data iTunes untuk di-restrore atau dikembalikan ke iPhone dengan bantuan komputer.

Cara ini tidak hanya akan memindahkan data saja. Akan tetapi, juga mengembalikan wallpaper, tatanan aplikasi di Home Screen, dan konten seluruh aplikasi serupa dengan pada iPhone lama. Memindahkan data dari iPhone lama ke iPhone baru melalui aplikasi ini dapat dilakukan dengan langkah berikut ini.

  1. Backup Data

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencadangkan atau backup semua data di iPhone lama Anda. Backup seluruh data tersebut ke aplikasi iTunes atau Finder di Catalina.

  1. Buka Perangkat iPhone Baru

Kemudian, bukalah perangkat iPhone baru. Anda akan disapa dengan tulisan Hello dan diminta untuk melakukan pengaturan awal. Ikuti langkah pengaturan tersebut hingga ke bagian Apps & Data. Pada bagian ini, pilik Restore from Mac or PC.

  1. Hubungkan ke Komputer dan Buka Aplikasi

Hubungkan perangkat iPhone baru Anda ke Komputer tempat Anda melakukan backup data dari perangkat iPhone lama. Kemudian, buka aplikasi iTunes atau Finder tempat Anda menyimpan data. Lalu pilih perangkat iPhone baru.

  1. Restore Backup

Setelah itu, masuk pada menu Restore Backup dan pilih Backup yang telah Anda buat. Kemudian, ikuti seluruh pengaturan yang diberikan. Tunggu hingga proses Restore Backup selesai. Pastikan iPhone Anda terhubung WiFi dan dalam mode charging agar proses pemindahan data cepat selesai.

Berita terbaru   Panduan Bayar BPJS Ketenagakerjaan Lewat Mobile Banking BNI

Gunakan Aplikasi iCloud Backup

Aplikasi iCloud Backup juga dapat Anda gunakan untuk memindahkan data dari iPhone lama ke iPhone baru. Aplikasi ini memungkinkan pemindahan data tanpa dihubungkan ke computer terlebih dahulu, karena data akan tersimpan pada cloud storage.

Sebelum menggunakan aplikasi ini, perhatikan jumlah keseluruhan data yang ingin dicadangkan. Pastikan Anda membeli iCloud Storage Plan yang cukup untuk menampung semua data pada ponsel. Penggunaan aplikasi iCloud Backup dapat dilakukan dengan langkah berikut ini.

  1. Backup Data

Langkah pertama pemindahan data dapat Anda lakukan dengan mencadangkan atau backup semua data di perangkat iPhone lama dengan aplikasi iCloud. Caranya, pilih fitur Settings. Kemudian klik Name, lalu iCloud. Pilih layanan iCloud Backup, dan klik Backup Now.

  1. Buka Perangkat iPhone Baru

Pada tahap ini, ikuti permintaan pengaturan awal perangkat hingga memilih jaringan WiFi. Pastikan jaringan yang Anda pilih merupakan jaringan yang tersedia dan stabil saat itu. Kemudian, pada pengaturan bagia Apps & Data, pilihlah Restrore from iCloud Backup.

  1. Login Akun iCloud

Setelahnya, buka aplikasi iCloud dan login akun iCloud Anda. Pada proses login ini, Anda dapat memasukkan Apple ID beserta passwordnya. Dengan demikian, Anda dapat mengakses data yang telah dibackup pada iCloud storage.

  1. Restore Backup

Setelah itu, pilih versi cadangan data iCloud yang akan Anda gunakan pada perangkat iPhone baru Anda. Pastikan selama proses memindahkan data dari iPhone lama ke iPhone baru ini perangkat Anda tetap terhubung pada jaringan WiFi dan dalam kondisi charging.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *