fbpx
flashdisk minta format

Bagaimana Cara Memperbaiki Flashdisk Minta Format? Simak di Bawah Ini

Ketika Anda mencolokkan flashdisk ke perangkat computer atau laptop, ada kalanya muncul kotak dialog yang meminta Anda untuk mem-format flashdisk. Jika Anda turuti, maka semua data yang ada di flashdisk Anda akan hilang. Untuk memperbaiki flashdisk minta format, cobalah beberapa cara berikut.

Pindah Flashdisk pada Port USB Lain

Pada umumnya, untuk dapat mendeteksi perangkat USB pada computer atau laptop sangat ditentukan oleh driver yang terinstal. Driver berupa sekumpulan file ini berfungsi untuk membuat sistem operasi perangkat mampu mengenali dan terhubung dengan perangkat keras lain seperti flashdisk.

Apabila flashdisk yang Anda colokkan ke port USB di perangkat computer atau laptop Anda memunculkan permintaan untuk melakukan format, bisa jadi ini karena kesalahan instalasi driver. Kesalahan ini dapat mengakibatkan salah satu port USB salah mengenali flashdisk sebagai RAW.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menolak permintaan tersebut terlebih dahulu. Kemudian keluarkan flashdisk dari sistem. Cabut flashdisk Anda dari port USB pada computer atau laptop. Lalu, masukkan lagi ke port USB yang lain.

Restart Perangkat

Perangkat computer maupun laptop yang lama tidak dimatikan juga dapat menjadi penyebab beberapa hal di dalamnya malfungsi. Salah satu masalahnya bisa terjadi pada kemampuan perangkat dalam mengenali perangkat keras yang dihubungkan.

Hal ini karena banyaknya file dan sistem yang bekerja di belakang yang kadang tidak diperlukan, menghambat kinerja perangkat. Pada tahap ini, apabila Anda mencolokkan flashdiks ke port USB yang tersedia, bisa saja muncul peringatan flashdisk meminta diformat.

Berita terbaru   Panduan Merubah Tampilan Android Menjadi iPhone Sepenuhnya

Untuk memperbaiki flashdisk minta format dalam kasus ini, Anda harus menonaktifkan file dan sistem yang bekerja di belakang. Caranya dengan me-restart perangkat dan file yang tidak perlu akan hilang sehingga perangkat kembali fresh.

Masukkan Flashdisk pada Perangkat Lain

Dalam beberapa kasus, ada kalanya, beberapa solusi di atas tidak akan berhasil bekerja. Jika terjadi, masalah ini dapat Anda selesaikan dengan mencopot flashdisk dari port USB, lalu sambungkan ke perangkat lain.

Tidak menutup kemungkinan bahwa perangkat computer atau laptop lain dapat membaca flashdisk Anda dengan baik. Hal ini karena perbedaan kondisi perangkat yang dipengaruhi oleh jumlah aplikasi terinstal dan perawatan Windows Registry pada perangkat.

Cek Flashdisk melalui CMD

Cara selanjutnya untuk memperbaiki flashdisk minta format adalah dengan melakukan pengecekan lewat CMD. Cara ini tergolong rumit bagi Anda yang tidak terbiasa mengoperasikan Command Prompt.

Untuk mengecek file system flashdisk dan memperbaiki kerusakannya, masukkan perintah pada perangkat dengan menekan chkdsk. Kemudian, klik Windows dan temukan kolom pencarian. Ketik cmd untuk membuka fitur Command Prompt.

Setelah itu, pilih menu Run as administrator. Anda akan menjumpai layar hitam dengan berbagai kode. Ketik chkdsk x:/f. Pada huruf x, ubahlah sesuai dengan partisi flashdisk yang bermasalah, lalu Enter. Tunggu hingga proses pengecekan berhasil, dan flashdisk Anda dapat terbaca dengan normal.

Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Apabila cara-cara di atas belum bisa mengatasi masalah flashdisk Anda, coba gunakan aplikasi ketiga. Salah satu aplikasi yang dapat Anda coba adalah MiniTool Power Data Recovery. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengambil data pada flashdisk yang terbaca sebagai RAW.

Caranya sangat mudah. Pertama, download dan instal aplikasi ini terlebih dahulu. Setelah proses instalasi selesai, tekan Start Now. Kemudian pilih menu Removable Disk dengan nama flashdisk Anda. Tekan tombol Scan dan tunggu file Anda terdeteksi. Pilih file-file tersebut, kemudian klik Save.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *