fbpx
microsoft word rusak

Tutorial Cara Memperbaiki File Word yang Rusak atau Corrupt

File yang Anda simpan dalam format word tiba-tiba tidak dapat dibuka? Hati-hati, itu merupakan tanda file rusak atau corrupt. Namun Anda tidak perlu bingung. Lakukan cara berikut ini untuk memperbaiki file word yang rusak atau corrupt, sehingga bisa Anda akses kembali.

Memperbaiki File Word Rusak dengan Open and Repair

Cara memulihkan file word yang rusak ini cenderung lebih fleksibel karena hampir semua versi Office memiliki opsi Open and Repair. Penggunaan layanan Office ini sangat mudah. Anda cukup melakukan beberapa langkah di bawah ini.

  1. Buka Aplikasi Microsoft Word

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menjalankan aplikasi Microsoft Word. Buka dokumen baru, atau bisa juga dengan mengekan tombol CTRL+O secara langsung. Kemudian, Anda akan disuguhkan pada data yang tersimpan di perangkat Anda.

  1. Tandai Berkas

Untuk menandai berkas, jangan langsung pada menu Documents. Pilihlah menu Folders terlebih dahulu, kemudian cari folder tempat file Word rusak tersebut disimpan. Setelah folder terbuka, pilih file Word yang akan Anda perbaiki.

  1. Open and Repair

Kemudian, lihat pada bagian bawah terdapat opsi Open. Klik pada tanda jarum di sampingnya untuk memunculkan pilihan layanan. Pilih Open and Repair, maka file Word Anda akan terbuka sebagai dokumen baru. Simpan kembali berkas Anda di tempat yang Anda inginkan.

Memperbaiki File Word Rusak dengan Simpan Ulang

Memperbaiki file word yang rusak atau corrupt juga dapat Anda lakukan dengan menyimpan ulang dokumen. Cara ini tidak kalah sederhana dengan cara pertama. Anda dapat melakukan perbaikan file dengan langkah berikut ini.

  1. Buka Dokumen
Berita terbaru   Panduan Cara Mematikan Suara Kamera iPhone

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki file adalah membuka dokumen dalam format Word yang rusak. Anda cukup membuka file dari tempat penyimpanan seperti biasa, baik dengan klik dua kali maupun klik kanan Open.

  1. Simpan dalam Bentuk Berbeda

Kemudian, simpan file Word yang rusak itu ke dalam format lain. Caranya, pilih fitur Save As. Lihat di bagian bawah, dan akan terdapat fitur Save as type. Klik tanda jarum di sampingnya, lalu pilih format dokumen yang berbeda, misalnya RTF, Plain Text, atau Web Page.

  1. Buka dalam Format Baru

Setelah itu, tutup dokumen tersebut. Buka ulang dokumen yang baru Anda simpan dengan format baru. File Anda akan terbaca kembali meski dalam format yang berbeda. Lakukan langkah berikutnya untuk mengembalikan ke dalam format Word.

  1. Simpan Lagi Dengan Mengubah Format

Untuk mengembalikan file menjadi format Word, Anda harus melakukan penyimpanan file ulang. Caranya sama dengan langkah kedua. Klik Save As, lalu ubah jenis file pada Save as type. Pilih format Word (docx) dan save. Setelahnya, file Word sudah dapat diakses kembali.

Memperbaiki File Word Rusak dengan Menu Insert

Microsoft Office dilengkapi dengan berbagai macam fitur dengan berbagai kegunaan. Pada Microsoft Word, fitur Insert ternyata dapat digunakan untuk membuka file yang tidak bisa dibuka secara langsung. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut.

  1. Buka Dokumen Baru

Langkah pertama untuk memperbaiki file word yang rusak atau corrupt, Anda harus membuka Microsoft Word terlebih dahulu. Buka dokumen baru atau dokumen kosong pada perangkat Anda seperti biasa.

  1. Insert Text

Kemudian, lihat pada menu bar di bagian atas. Pilih menu Insert dan akan ada berbagai layanan yang disuguhkan pada menu ini. Pilihlah layanan Insert Object. Pada layanan ini, Anda dapat memilih jenis objek. Dalam kasus ini, pilihlah Text from File.

  1. Tandai File Word yang Rusak
Berita terbaru   Pilihan Cara Memperbaiki file PDF yang Rusak

Tunggulah beberapa saat. Anda akan dihubungkan dengan jendela Explorer. Lalu, cari dan tandai file Word yang tidak dapat dibuka. Klik Insert, dan file tersebut otomatis akan terbuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *