fbpx
memperbaiki file pdf yang rusak

Pilihan Cara Memperbaiki file PDF yang Rusak

Pernah mengalami masalah pada file PDF yang tidak bisa dibuka karena rusak atau corrupt? Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki file PDF yang rusak. Cara tersebut dapat dilakukan baik secara manual, online, maupun dengan bantuan aplikasi. Berikut penjelasannya.

Memperbaiki File PDF Corrupt Secara Manual

Perbaikan file PDF secara manual hanya dapat Anda lakukan apabila Anda hanya membutuhkan teksnya saja. Cara manual berikut ini akan memulihkan data berbentuk tulisan saja, dan tidak dapat memulihkan data berupa gambar, grafik, dan berbagai macam bentuk data lain.
Cara manual memperbaiki file PDF corrupt sangat mudah. Pertama, temukan file pdf corrupt yang ingin Anda buka. Kemudian, klik kanan pada file tersebut. Pilih Open With. Lalu Anda akan disuguhkan pada beberapa aplikasi, pilihlah aplikasi Notepad.
Aplikasi Notepad dapat membantu Anda membuka file PFF. Namun, Anda akan mendapati berbagai symbol atau kode bercampur dengan teks. Hal ini hanya dapat Anda perbaiki dengan memisah kode dari teks secara manual, sehingga memakan waktu yang sedikit lama.

Memperbaiki File PDF Corrupt Secara Online

Selain secara manual, perkembangan teknologi terkini telah memungkinkan Anda memperbaiki file pdf yang rusak dengan cara oline. Cara ini banyak digunakan karena lebih cepat dan praktis. Namun, tentunya Anda harus terhubung dengan internet.
Banyak situs repair file PDF online yang dapat Anda gunakan. Pada umumnya, situs-situs ini memiliki cara kerja yang hampir sama. Pertama, buka website repair file pdf online. Kemudian, unggah file PDF Anda ke website tersebut.
Website tersebut akan menganalisa dan memperbaiki file PDF Anda yang corrupt. Setelah itu, link download file yang telah diperbaiki akan dikirim ke email Anda. Download file tersebut, maka Anda akan mendapati file PDF utuh kembali.

Berita terbaru   Bagaimana Cara Memperbaiki Flashdisk Minta Format? Simak di Bawah Ini

Memperbaiki File PDF Corrupt dengan Bantuan Aplikasi Data Numen PDF Repair

Data Numen PDF Repair merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk memperbaiki file PDF yang rusak. Software ini dapat digunakan secara gratis untuk pemakaian pribadi, atau berbayar untuk pemakaian komersil.
Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu. Setelah terpasang pada perangkat, buka aplikasi ini, kemudian klik Repair. Pilih pada bagian samping Select PDF file to be repaired untuk memilih file PDF rusak yang ingin Anda perbaiki.
Pilih file tersebut, kemudian klik Open. Setelah itu, tekan tombol Start Repairing. Tunggu beberapa saat hingga proses 100% completed, kemudian pilih OK. Dengan demikian, file PDF Anda telah diperbaiki dan dapat dibuka.

Memperbaiki File PDF Corrupt dengan Bantuan Aplikasi Adobe Reader

Aplikasi yang tersedia pada laptop atau PC Anda juga dapat membantu memulihkan file pdf yang rusak. Software yang dapat Anda gunakan salah satunya adalah Adobe Reader. Perbaikan file menggunakan aplikasi ini dapat dilakukan mengubah pengaturan dalam aplikasi.
Apabila file PDF Anda berasal dari sumber yang kurang terpercaya dan mengalami kerusakan, Anda dapat memperbaiki file pdf yang rusak tersebut dengan mengubah pengaturan pada aplikasi Adobe Reader. Caranya, buka aplikasi adobe reader terlebih dahulu.
Kemudian, lihat pada menu bar bagian atas, klik menu Edit. Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam layanan. Pilih fitur Preferences. Pada fitur ini, Anda dapat mengakses bagian Security (Enhanced).
Setelah itu, ubah pengaturan Sandbox Protections dengan menghilangkan tanda ceklist atau centang pada bagian Enable Protected Mode at Startup. Apabila muncul kotak dialog berisi perizinan, tekan OK. Lalu, klik OK untuk menyimpan perubahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *