fbpx
memperbaiki excel yang rusak

Mau Memperbaiki File Excel Yang Rusak? Begini Caranya

Dokumen seperti Excel jika mengalami kerusakan akan terlihat rumit. Namun, untuk memperbaiki file excel yang rusak tersebut ternyata cukup mudah dilakukan.
Perlu diketahui bahwa beberapa file excel memang akan bermasalah jika dibuka pada versi MS Excel yang berbeda. File ini kadang juga bisa rusak. Lalu, bagaimana cara mensiasatinya? Berikut ada cara yang bisa dicoba dan dilakukan untuk memperbaiki kerusakan file excel yang dialami.

Mengubah Jenis Berkas Di Windows

Setelah mengerjakan pekerjaan di microsoft excel, sebaiknya Anda menyimpan berkas tersebut dengan format .xlsx pada Excel versi baru atau .xls pada Excel versi lama. Dengan begini masalah kerusakan akan mudah diatasi karena dokumen tersebut fleksibel saat dibuka di semua versi MS Excel.
Jika sudah terlanjur tidak menyimpannya dengan format tersebut, masih ada cara lain. Caranya, buka menu Start pada windows dan pilih program File Explorer. Kemudian, pilih tab View, lalu tandai kotak “file name extensions”. Disini ekstensi berkas akhir akan ditampilkan.
Silakan pilih dokumen Excel yang akan diperbaiki pada daftar ekstensi. Jika sudah klik menu Home, lalu klik Rename pada bilah Organize. Kemudian, ubah jenis berkas dengan mengganti format xlsx setelah menambahkan judul berkas. Setelah itu, tekan Yes dan coba lihat berkas baru tersebut.

Memperbaiki Berkas

Setelah mengetahui cara mengubah jenis berkas dokumen excel, ketahui juga cara memperbaiki file Excel yang rusak. Langkahnya cukup mudah dipahami. Berikut adalah langkah-langkah yang wajib untuk Anda pelajari.

• Pastikan Memakai Sistem Windows

Pastikan perangkat laptop Anda menggunakan sistem Windows versi terbaru atau yang masih tergolong baru. Hal ini karena cara yang dijelaskan menggunakan cara lewat pengaturan windows yang terpasang di perangkat.

Berita terbaru   Panduan Merubah Tampilan Android Menjadi iPhone Sepenuhnya

• Buka MS Excel

Setelahnya, buka program Microsoft Excel yang aa di laptop. Anda bisa menekan tombol Start lalu Pencarian windows. Ketik saja Excel. Setelah terbuka, klik Open Other Workbooks pada pojok kiri halaman Excel. Setelah itu klik Browse di bagian tengah halaman.
Setelah menekan Browser, jendela File Explorer akan langsung terbuka. Aplikasi manager file ini berguna untuk mengekspor file excel yang rusak. Buka folder penyimpanan file excel tersebut dan pilih file yang diinginkan.
Setelah itu, klik ikon Menu lalu opsi Open. Tombol dropdwon akan ditampilkan. Klik opsi Open and Repair pada dropdown tersebut. Setelah itu, klik menu Repair saat diminta. Opsi ini berada di pop up windows. Jika tidak tersedia, silakan klik Convert to Value atau Recover Formulas.
Tunggu berkas Excel Anda terbuka. Hal ini akan sedikit waktu, apalagi jika ukuran filenya besar. Jika masih tidak terbuka, ulangi dengan mengklik “Extaxt Data”, bukan “Repair” ketika diminta oleh pop up windows.

• Simpan Berkas

Memperbaiki file excel yang rusak telah berhasil dilakukan. Secara otomatis berkas yang rusak tersebut akan kembali bisa digunakan setelah langkah-langkah yang Anda lewati. Selanjutnya, Anda sudah bisa menyimpan berkas Excel yang baru tersebut. Simpan berkas dengan cara klik Ctrl+S atau langsung klik Save.
Pastikan Anda mengganti nama berkas Excel terbaru tersebut berbeda dengan berkas lama yang rusak. Periksa juga format file excel yang tersimpan. Jika sudah sesuai format standar, maka sudah bisa aman.
etelah membacanya, cukup mudah dipahami bukan urutan langkah-langkahnya? Kini Anda tidak perlu bingung lagi jika file exel sedang bermasalah. Namun, usahakan menyimpannya dengan baik agar file tidak akan rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *