fbpx
bayar BPJS ketenagakerjaan dengan BNI

Panduan Bayar BPJS Ketenagakerjaan Lewat Mobile Banking BNI

BPJS merupakan kewajiban iuran yang harus dibayar oleh masyarakat yang mengikuti layanan asuransi tersebut. Layanan BPJS ini terdiri dari BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Salah satu caranya adalah dengan bayar BPJS ketenagakerjaan lewat mobile banking BNI.
Sistem pembayaran online tersebut juga bisa dilakukan lewat e-Payment di beberapa pembayaran uang elektronik. Pada metode tersebut juga sudah bisa otomatis menyesuaikan jumlah iuran yang harus dibayar.

Berikut adalah beberapa langkah cara membayar tagihan BPJS melalui BNI Mobile.

Registrasi Ke Situs Resmi

Untuk dapat melakukan pembayaran secara resmi, lakukan pendaftaran di https://eps.bpjsketenagakerjaan.go.id/registrasi.bpjs dahulu. Setelah masuk, isi nomor pendaftaran perusahaan (NPP) tempat Anda bekerja, email perusahaan, dan kode keamanan yang tertera.
Setelah berhasil mendaftar, Anda akan menerima email aktivasi e-Payment BPJS dari data-data yang diisi di form pendaftaran online. Buka link aktivasi tersebut. Anda akan diarahkan ke halaman login. Login dengan email dan PIN Anda.
Sesudah login, langsung ganti PIN dengan yang baru. Setelah mengganti, coba login lagi dengan email dan PIN baru tersebut. Proses pendaftaran sudah selesai. Anda sudah memiliki akun pembayaran online BPJS ketenagakerjaan.

Membuat Kode Iuran

Setelah terdaftrar, selanjutnya buat kode iuran Anda sendiri. Kode pembayaran tersebut digunakan untuk membayar iuran BPJS setiap satu kali. Jadi, tiap bulannya butuh kode pembayaran yang berbeda. Kode yang sudah terbayar akan tertulis “Unpaid” sehingga tidak berlaku lagi.
Cara memperoleh kode tersebut yaitu login ke web EPS di atas dan pilih perusahaan yang sudah Anda daftarkan. Setelah itu, halaman akan menampilkan daftar kode iuran. Klik “Buat Kode Iuran”. Silakan tunggu halaman web untuk memunculkan halaman berikutnya.
Lengkapi semua form rincian iuran yang disediakan. Jika sudah mengisi lengkap, klik “Proses Iuran”. Secara otomatis kode pembayaran akan muncul. Simpan atau salin kode tersebut agar tidak terhapus atau hilang saat Anda akan melakukan pembayaran.

Berita terbaru   Cara Membuat Undangan Pernikahan Dengan Microsoft Word 2010

Membayar Melalui M-Banking

Setelah mendaftar pembayaran BPJS online, selanjutnya Anda sudah bisa bayar BPJS ketenagakerjaan lewat mobile banking BNI. Langkah pembayaran ini juga sangat mudah.
Langkah pertama, silakan masuk ke akun BNI Mobile Anda. Setelah masuk halaman utama, pilih menu “Bayar atau Beli”. Kemudian pilih opsi “BPJS” untuk membayar tagihan BPJS. Setelah itu, klik “e-Payment” untuk melakukan pembayaran lewat online.
Langkah berikutnya adalah, masukkan kode pembayaran yang sudah Anda peroleh. Masukkan kode tersebut dengan benar. Selain itu, Anda akan diperintahkan untuk memasukkan nama perusahaan, NPP, bulan atau waktu iuran, dan total iuran yang telah ditetapkan.
Selanjutnya, Anda sudah bisa membayar tagihan Anda lewat BNI mobile tersebut. Simpan bukti pembayaran tersebut untuk dapat mengecek kembali sewaktu-waktu apakah pembayaran tersebut sudah masuk atau belum.

Login Ke Web Resmi

Meskipun sudah berhasil membayar lewat BNI mobile, Anda wajib mengecek di web resmi EPS (Electronic Payment System) BPJS. Caranya silahkan login dengan email dan PIN Anda. Jika sudah terbayar, maka kode iuran Anda sudah tertera tulisan “Paid” atau telah terbayar.
Pembayaran tagihan BPJS lewat online ini akan memudahkan Anda. Mengingat aktivitas Anda sebagai pekerja atau karyawan yang cukup padat dan melelahkan. Dengan adanya metode ini, maka iuran bisa dibayar dengan tepat waktu dan lebih cepat.
Cara bayar BPJS ketenagakerjaan lewat mobile banking BNI ini pun sangat mudah. Cara ini lebih praktis karena Anda tidak perlu antri membayar di kantor BPJS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *