fbpx
membuat undangan dengan word

Cara Membuat Undangan Pernikahan Dengan Microsoft Word 2010

Pemanfaatan teknologi saat ini banyak digunakan untuk semua hal, termasuk membuat undangan pernikahan dengan microsoft word 2010. Sebenarnya membuat undangan digital ini juga bisa dilakukan pada Microsoft Word 2013, 2016, dan 2019. Caranya juga cukup mudah dilakukan, penggunaanya tidak seperti mengetik di Word seperti biasa. Anda bisa bebas memilih template undangan dengan memanfaatkan jaringan internet.

Langkah pembuatannya meliputi beberapa tahapan. Berikut adalah ulasan langkah-langkah yang perlu dipahami untuk membuat undangan online.

Buka Halaman Baru
Langkah pertama yang dilakukan yaitu buka halaman kerja. Kemudian klik menu File, lalu buka New untuk membuat undangan pernikahan dengan Microsoft word 2010. Jika menggunakan Word 365, setelah membuka MS Word Online, klik See More Template.
Buka Opsi Template
Di bagian bawah lagi setelah jendela New terdapat kategori menu template yang bisa dibuka di bagian kiri. Sementara pratinjau template bisa dilihat di kanan jendela. Bagian ini merupakan awal untuk melihat berbagai desain kartu undangan yang tersedia.
Buka Kategori Invitation
Setelah itu cari kategori Invitation yang terletak di bagian agak bawah. Scroll mouse Anda hingga menemukan sub menu tersebut. Jika sudah menemukannya, klik submenu Invitation tersebut. Disini akan ditampilkan banyak jenis template undangan tergantung kepentingan.
Ada jenis undangan ulang tahun, undangan lamaran, undangan wisuda, hingga undangan pernikahan. Berbagai template undangan akan otomatis muncul. Desain atau tema undangan sangat lucu dan menarik sehingga Anda bisa bebas memilih.
Pilih Template Undangan
Setelah melihat-lihat template undangan yang ada, silakan memilih template undangan sesuai selera Anda. Setelah memilih satu templatenya, klik Download untuk mendapatkan tema undangan tersebut.
Tunggu beberapa saat sampai proses pengunduhan selesai. Pastikan koneksi internet Anda lancar agar downloading berlangsung dengan cepat. Apabila sudah selesai, tema yang sudah diunduh akan tampil di layar kerja Word.
Sesuaikan Isi Undangan
Pada tahap selanjutnya ini, Anda sudah bisa mengedit undangan. Anda bisa menulis isi undangan sesuai kebutuhan, mulai dari tempat, waktu, alamat, deskripsi, dan keterangan undangan pernikahan. Selain teks, Anda juga bisa menambahkan grafik, ikon, maupun gambar ke dalam isi undangan.
Gambar dan grafik tersebut bisa dimasukkan melalui fitur Insert Picture. Fitur ini bisa digunakan untuk menambahkan gambar. Gambar atau grafik yang ditambahkan ke format undangan bisa diklik, ditarik, atau digeser posisinya sesuka hati.
Simpan File
Sampai disini, proses pembuatan undangan sudah hampir selesai. Setelah usai melakukan editing, Anda bisa langsung menyimpan file tersebut. Simpan dengan cara klik menu File, lalu tekan opsi Save As. Setelah itu, beri nama file tersebut lali klik Save untuk menyimpan.
Pilih folder penyimpanan untuk menempatkan file tersebut. Sebaiknya Anda menyimpan file tersebut dengan format Word 97-2003 atau format RTF agar menjaga kompabilitas jika dibuka di versi MS Word lainnya. Kini Anda sudah bisa membagikannya langsung ke teman, kerabat, dan sahabat.
Jika ingin mencetaknya, maka hubungkan dulu perangkat laptop atau komputer dengan printer. Setelah itu, klik menu Office Button, lalu pilih menu Print untuk mencetak dokumen. Gunakan kertas yang sesuai untuk kartu undangan pernikahan tersebut.
Tata cara membuat undangan pernikahan dengan Microsoft word 2010 di ata sangat mudah bukan? Menggunakan cara ini akan lebih menguntungkan karena bisa dilakukan secara sendiri. Selan itu, desain-desainnya juga lebih menarik dan dapat dibagikan langsung para calon tamu undangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *