fbpx
BLT UMKM Tahap 2

BLT UMKM Tahap 2 pendaftaran sampai 28 Juni 2021, Tahap 3 adalah Hoax

Saat ini pemerintah masih membuka pendaftaran bantuan BLT UMKM  Tahap 2 atau Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) kepada para penerima bantuan yang sudah terverifikasi, data awal menyebutkan bahwa total penerima bantuan BLT UMKM ini adalah 12,8 juta pengusaha mikro kecil dan menengah yang sifatnya unbankabel atau belum menerima bantuan atau pinjaman dari perbankan, jumlah tersebut belum bertambah hingga saat ini.

Bantuan UMKM tahap pertama tahun 2021 sudah dicairkan sebelum lebaran kemarin sebesar 1,2 juta kepada 9,8 juta pelaku usaha mikro, selanjutnya akan dilanjutkan dengan BLT UMKM tahap 2 untuk 3 juta pelaku usaha mikro lainnya untuk melengkapi data kuota 12,8 juta tahun ini, yang pendaftarannya masih akan dibuka sampai tanggal 28 Juni 2021.

Buruan daftar disini

Adapun berita mengenai penyaluran BLT UMKM tahap ketiga adalah hoax, sebagaimana yang diberitakan oleh money.kompas.com, Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satria mengatakan, apa yang berkembang di masyarakat terkait dengan BLT UMKM tahap 3 perlu diluruskan. Menurut dia, hingga 28 Juni 2021, pengusulan BLT UMKM Rp 1,2 juta saat ini masih di tahap kedua.

“Berita yang menginformasikan ada BPUM tahap ketiga dengan besaran lebih dari Rp 1,2 juta, itu tidak benar,” kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Arif Rahman Hakim dalam konferensi pers, Senin (7/6/2021). Apalagi jika ada informasi yang menyatakan program BPUM tahap 3 dengan jumlah bantuan yang lebih besar, dia memastikan hal itu tidak benar.

“Karena yang ada di kita adalah BPUM tahun 2021 baik itu tahap 1 maupun tahap 2, itu besarnya Rp 1,2 juta,” jelas Arif. sebagaimana dikutip oleh finance.detik.com

Pihaknya mengimbau para pelaku usaha mikro mengakses informasi resmi dari situs web Kemenkop UKM atau menghubungi ke contact center kementerian.

Berita terbaru   Ternyata Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) 1.2 juta sudah cair

“Jadi kami mengimbau kepada para pelaku usaha mikro agar mereka mengklarifikasi apabila ada informasi terkait dengan kegiatan-kegiatan bantuan untuk usaha mikro, usaha kecil supaya mengakses ke website kemenkopukm.go.id ya dan juga kita punya contact center di 1500587,” tambahnya.

Bagi para pengusaha mikro yang belum menerima bantuan tahap pertama bisa melakukan pendaftaran di dinas koperasi Kabupaten/Kota karena pengusulan penerima bantuan hanya melalui satu pintu yaitu dinas yang membidangi koperasi dan UKM di tingkat kabupaten/kota.

Persyaratan BLT UMKM Tahap 2

Adapun persyaratan penerima bantuan UMKM ini adalah :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Punya Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Punya Usaha mikro yang dibuktikan surat usulan calon penerima dan pengusul BPUM serta lampirannya yang merupakan satu kesatuan
  4. Bukan ASN, anggota TNI/Polri, pegawai BUMN atau BUMD
  5. Tidak sedang menerima kredit usaha rakyat (KUR)
  6. Untuk pelaku usaha mikro yang alamat KTP dan lokasi usaha berbeda dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Cek penerima BLT UMKM Tahap 2

Para penerima bantuan BPUM akan menerima sms pemberitahuan dari bank penyalur yaitu BRI atau BNI apabila sudah terverifikasi, apabila belum menerima SMS para Penerima BPUM atau BLT UMKM senilai Rp1,2 juta juga bisa mengecek status bantuan yang diterima terlebih dahulu melalui website atau halaman BRI dan BNI dengan mengakses situs https://eform.bri.co.id/bpum untuk nasabah BRI dan https://banpresbpum.id/ untuk nasabah BNI.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *