fbpx
BLT-Dana Desa

Cair kembali Juni, inilah cara mengecek penerima BLT dana desa terbaru

Seperti bulan sebelumnya, bantuan pemerintah melalui BLT dana desa akan kembali dicairkan bulan Juni, hal ini berdasarkan informasi bahwa penyaluran bantuan ini baru sekitar 30,48 % sejak dikeluarkan Januari kemarin sampai bulan Mei 2021, total anggaran yang dianggarkan pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) adalah sebesar 72 triliun sedangkan sampai bulan Mei baru tercatat realisasi Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT Dana Desa) sebesar Rp 21,94 triliun.

Menurut data dari Kementerian Desa  PDTT penyaluran bantuan BLT DD bulan Januari sebesar 1,28 triliun ke 58.108 desa yang diperuntukkan bagi 4.277.756 keluarga penerima manfaat (KPM), sedangkan pada bulan Februari jumlah dana yang disalurkan sebesar 850 Milyar yang dibagi ke 37.948 desa dengan jumlah 2.836.387 KPM, dilanjutkan bulan Maret  sebesar 507 miliar, yang disalurkan di 22.565 desa dengan menyasar 1,6 juta KPM, bulan April Kemendes PDTT sudah cairkan 294 miliar di hampir 1 juta KPM dan bulan Mei ini sudah cair  159 miliar di 531.000 penerima manfaat

Hal ini disampaikan oleh Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Dana Desa Kemendes PDTT Luthfy Latief “Jadi telah tersalurkan Rp 21,9 triliun atau 30,48 persen dari total dana desa keseluruhan,” kata  Luthfy Latief saat Dialog Produktif bertajuk Kabar BLT Dana Desa, Jumat (28/5/2021).

Masih rendahnya angka penyaluran ini membuka peluang dibukanya kembali Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa bulan Juni ini, lanjut menurut Lutfy penyaluran BLT Dana Desa tidak lepas dari berbagai kendala, mulai dari belum ditetapkannya Peraturan Kepala Desa tentang daftar KPM BLT Dana Desa, keadaan geografis sulit dijangkau, hingga perlunya penyesuaian antara DTKS dan data jaring pengaman sosial lainnya. Serta Kepala desa belum definitive, juga menjadi kendala, karena kadang mereka merasa ragu untuk melakukan penandatanganan dan penetapan sehingga masih membutuhkan waktu untuk penyesuaian-penyesuaian.

Berita terbaru   login di eform.bri.co.id/bpum bukan cara untuk mendapatkan bantuan usaha mikro BPUM

Cara cek penerima BLT Dana Desa

untuk mengecek penerima bantuan BLT Dana Desa cukup gambang dan dapat dilakukan dimanapun baik di rumah, di kantor atau pun di jalanan, asal memiliki akses internet, pengecekan juga bisa dilakukan di HP ataupun komputer yang terkoneksi internet, adapun besaran  BLT Dana Desa yang akan disalurkan sebesar Rp 300 ribu.

Berikut cara untuk cek penerima BLT Dana Desa:

  • Buka laman sid.kemendesa.go.id.
  • Pada halaman home, terdapat dua pilihan pencarian data desa, berdasarkan provinsi atau nama desa silahkan pilih salah satunya
  • Untuk pilihan nama provinsi silahkan pilih nama provinsi, kabupeten, kecamatan dan desa
  • Untuk pilihan nama desa, silahkan ketikkan nama desa yang akan dicari nama penerima BLT DD
  • Pada bagian atas terdapat menu berupa home, deskripsi desa, rekomendasi, SDGs, Dana Desa, APBDES, BUMDES, dan BLT DD.
  • Pilih menu BLT DD
  • Daftar penerima BLT Dana Desa akan muncul
  • Selanjutnya cari nama penerima

Sistem Informasi desa

Daftar yang ditampilkan untuk pencarian berdasarkan Provinsi atau Nama desa hasilnya sama yaitu memuat sejumlah nama penerima BLT Dana Desa lengkap dengan alamatnya masing-masing,  Anda hanya perlu menggulir halaman daftar nama penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa yang telah diurutkan berdasarkan abjad. Sebagai informasi tambahan,  BLT DD merupakan bantuan yang bersumber dari Dana Desa akan kembali dicairkan pada Juni 2021, BLT Dana Desa diberikan secara bertahap setiap sebulan sekali kepada keluarga miskin di desa dengan nominal 300 ribu dan berlangsung dari Januari hingga Desember 2021.

Syarat Penerima BLT Dana Desa

Persyaratan utama penerima BLT Dana desa adalah berdomisili di Desa, untuk warga kelurahan tidak menerima bantuan ini, dan perlu diketahui bahwa tidak semua warga desa mendapatkan BLT Dana Desa. Ada beberapa syarat dan kriteria keluarga penerima manfaat ini, yang diatur berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 222/PMK.07/2020.

Berita terbaru   Cara mengecek penerima Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) UMKM

Kriteria keluarga penerima BLT Dana Desa:

1. Keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di Desa bersangkutan.

2. Tidak termasuk penerima bantuan:

  1. Program Keluarga Harapan (PKH)
  2. Kartu Sembako
  3. Kartu Pra Kerja
  4. Bantuan Sosial Tunai
  5. Program bantuan sosial pemerintah lainnya

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No 222 diatas, pemerintah desa wajib melaksanakan BLT Desa selama 12 bulan di Tahun Anggaran 2021, apabilah tidak dilaksanakan akan dikenakan sanksi. Adapun sanksi yang diberikan berupa pemotongan anggaran Dana Desa sebesar 50 persen dari Dana Desa yang akan disalurkan pada tahap II Tahun Anggaran 2022.

Pengenaan sanksi ini dikecualikan dalam hal berdasar hasil musyawarah desa khusus atau musyawarah insidentil tidak terdapat calon keluarga penerima manfaat BLT Desa yang memenuhi kriteria.  Hasil musyawarah tersebut ditetapkan dalam peraturan kepala Desa yang diketahui oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/kota atau pejabat yang ditunjuk.

2 comments

  1. Saya belum gk pernah dpet bantu’n2 dari pemerintah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *