fbpx
robot pembasmi covid-19

Teknologi Robot Untuk Pengendalian Virus Corona di Pesawat

Sebuah teknologi baru berupa robot pembasmi virus diperkenalkan di Zurich Swiss, robot ini menjelajahi lorong pesawat dengan memancarkan gelombang sinar ultraviolet dan beroperasi tanpa manusia, Robot yang diperkenalkan oleh perusahaan rintisan dengan nama UVEYA,  menurut salah satu pendiri perusahaan UVEYA penggunaan robot dalam pengendalian ini dilakukan untuk melindungi manusia karena menggunakan sinar ultraviolet yang berbahaya.
Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan atau radiasi UV dapat menyebabkan kanker pada manusia namun menurut pendiri UVEYA, teknologi uv-c
yang telah berusia puluhan tahun yang dihasilkan robot otonom ini memiliki kelebihan dalam membunuh virus korona ia mengatakan menggunakan Sinar untuk membersihkan pesawat lebih aman dibanding larutan pembersih. Hal ini disebabkan karena penggunaan UV-C tidak meninggalkan residu kimia di kursi atau dimanapun di dalam pesawat yang bisa berbahaya bagi penumpang.

Satu  robot dapat melakukan desinfeksi seluruh pesawat penumpang berlorong tunggal dalam 13 menit itu menjadi kabar baik bagi maskapai regional Swiss Helvetica Airways, menurut mereka saat ini sangat penting untuk memulihkan kepercayaan penumpang dan awak pesawat bahwa pesawat yang mereka gunakan aman,  bebas dari virus dan bakteri, ini membantu mereka untuk melakukan perjalanan udara kembali.

Menurut badan pengawas obat dan makanan Amerika radiasi UV dikenal sebagai disinfektan untuk udara, air dan permukaan yang tidak berpori tapi ini bisa terhalang oleh benda kecil seperti debu.

Uveya kini memiliki tiga prototipe robot dan belum lama ini mendemonstrasikan salah satunya di bandara Zurich dimana lalu lintas udara anjlok 75% pada tahun lalu.

Keberadaan robot ini tentu kabar bagus dan dinantikan oleh banyak pihak, tinggal menunggu hasil uji efektivitas dalam pengendalian virus korona sehingga bisa dipakai secara komersil, mengutip dari halaman resmi UVEYA

Mereka mengklaim bahwa penggunaan teknologi mereka memiliki 99% Efikasi melawan COVID-19 Modul mereka menggunakan kekuatan UV-C, disinfektan yang tangguh untuk udara dan permukaan yang dapat membantu mengurangi risiko tertular infeksi saat bersentuhan dengan virus COVID-19.

Penggunaan robot ini sangat mudah dan hanya butuh 10 menit untuk persiapan dan 5 menit untuk pengaplikasian yang serba otomatis sehingga memungkinan satu operator untuk mengerjakan secara bersamaan di beberapa kabin pesawat.