fbpx
desain ruangan kecil

10 Tips desain ruangan kecil terlihat besar

Rumah yang berukuran luas memang nyaman, kita akan gampang untuk mengatur barang dan menatanya sesuai keinginan, beberapa furniture berukuran besar pun bisa dipadukan dengan aksesoris lainnya dan tetap ada ruangan yang tersisa untuk bergerak dengan leluasa. Bagaimana dengan rumah yang kecil atau rumah minimalis. Seperti kebanyakan rumah diperumahan sederhana ataupun apartement dengan ukurang ruangan yang terbatas, menata ruangan agar telihat longgar dan tidak sesak punya skill tersendiri, kalau tidak rumah yang kecil akan terlihat berantakan jika dipenuhi barang, selain itu ruangan untuk bergerak juga semakin terbatas.

Sebenarnya mendesain ruangan kecil itu semua tentang menipu mata kita, bukan membuat ruangan langsung tiba-tiba menjadi luas tapi sebenarnya dengan sedikit trik ruangan yang kecil akan tampak lebih besar. Sebuah ruangan kecil bisa bergaya, nyaman, dan juga fungsional jika kita bisa mengatur dengan benar.

Berikut kami  akan membahas 10 tips desain untuk menambah ruang rumah/apartemen Anda yang sempit

Perluas ruangan Anda dengan cermin dan letakkan di ruangan yang tepat.

Gunakan cermin besar untuk memberi ilusi ruangan dan memantulkan cahaya sebanyak mungkin, Kamar Anda akan terlihat lebih luas dan cerah dari pantulan cahaya. Posisi terbaik untuk meletakkan cermin adalah di dekat jendela. Ini memungkinkan untuk memantulkan jumlah cahaya maksimum. Selain itu penempatan cermin yang besar di salah satu sisi ruangan akan membuat ruangan terlihat lebih luas.

Menggunakan furnitur multifungsi

Furnitur multifungsi sangat penting dalam desain ruangan kecil, karena dengan menggunakan furniture multifungsi, ruangan dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan , Sebagai contoh puff kabinet yang bisa meletakkan barang dan bisa diatur di bawah meja, saat tidak digunakan Atau meja kopi yang bisa disulap menjadi meja makan. Laci dibawah tempat tidur juga salah satu contoh simple bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan barang atau mainan anak-anak. Dan masih banyak contoh lainnya, Ingat aturan paling dasar dalam mendesain ruang kecil adalah Semuanya harus berfungsi

Berita terbaru   Mau Menghilangkan Bau Lembab Di Kamar? Begini Triknya

Cerah dan transparan

Pemilihan furnitur berdasarkan evaluasi visual, pilih furnitur yang terang dan cerah. Jika Anda menggunakan furnitur transparan, ruangan anda akan melihat ruangannya lebih besar. jangan lupa menyesuaikan warna yang cocok dengan dinding ruangan anda.

Vertikal

Sebuah rumah atau ruang adalah objek 3 dimensi yang terdiri dari panjang lebar dan tinggi. Kita perlu memikirkan denah kamar atau ruangan kita sebelum dekorasi,  Jangan lupa bahwa anda memiliki ruang vertikal. Anda bisa memanfaatkan ruangan vertikal tersebut,  menambah ruang dari dinding ke langit-langit. tentunya dengan barang yang bisa anda fungsikan.

Pencahayaan dan warna cerah

Penggunaan warna terang dan cerah pada dinding dan lantai, Dan kamar Anda akan terlihat lebih besar dan lebih cerah Karena permukaan ruangan akan lebih memantulkan cahaya. Penggunaan warna-warna cerah seperti putih, biru muda, dan abu-abu muda menjadikan suasana ruangan lebih luas.

Lampu dan pencahayaan

Hindari penggunaan lampu berdiri atau lampu meja besar. karena akan memakan banyak tempat. Lebih baik menggunakan lampu yang ditanam di langit-langit, Atau gunakan strip LED pada furnitur dan langit-langit Untuk merawat ruangan dan memberikan suasana yang berbeda.

Hubungkan ruangan

Buat koneksi antar ruangan, dan ada beberapa metode memisahkan satu ruangan dengan ruangan lain tanpa menggunakan dinding. anda hanya membutuhkan sekat, yang terkadang sekat tersebut gampang dibuka atau dipindahkan. Ingat, dekorasi dan desain untuk ruangan kecil adalah tentang manipulasi visual.

Maksimalkan ruangan di dinding

Furniture kabient  bisa menjadi solusi untuk kamar kecil anda, Satu trik agar kamar kecil Anda terlihat lebih besar Buatlah furnitur yang mengapung dari tanah, tentunya dengan cara menempel di dinding, lebih baik membuat rak gantung daripada membeli lemari buku untuk tempat buku-buku anda, selain menghemat ruangan dinding dengan rak buku yang menggantung memiliki nilai seni yang tinggi.

Berita terbaru   5 Faktor yang perlu diperhatikan dalam mendesain tempat tidur untuk anak

Perpaduan Furnitur

Gunakan furnitur yang mudah dipadukan dengan furnitur lain sampai Anda mengatur ulang furnitur tersebut di ruangan kecil sebaiknya memilih furnitur sederhana, Agar tidak terkesan dan mempersulit Anda dalam mendekorasi ruangan anda.

Penggunaan tanaman hias

Tanaman hijau bisa membuat ruangan kecil menjadi segar dan nyaman,  Jika Anda tidak memiliki cukup tempat di lantai, jangan takut menggunakan pot atau rak gantung untuk menempatkan tanaman Anda.

Demikianlah sepuluh tips interior mendekorasi ruangan Anda. semoga bermanfaat, Jangan lupa untuk terus bekerja dengan semangat untuk menjadi orisinal, ekspresikan diri Anda, dan buat hidup yang indah. Semakin anda terbiasa mendesain rumah anda semakin anda bisa menemukan selera desain anda.

Originally posted 2021-06-28 18:31:18.