fbpx
Iphone Bekas

8 Tips membeli iphone bekas online agar tidak menyesal

Iphone masih menjadi primadona untuk smartphone, dengan berbagai fitur keunggulan dan performanya tidak mengherankan smartphone ini selalu diburu oleh para penggemarnya. Namun harga keluaran terbarunya yang selangit untuk sebagian besar orang membuat Iphone bekas menjadi primadona.

Bagi sebagian orang yang terpincut dengan smartphone berlogo apel tergigit ini namun ingin mendapatkannya dengan harga lebih murah, membeli iPhone bekas adalah solusi terbaik. Meskipun bekas pakai, kualitasnya masih setara dengan unit barunya, inilah yang menjadi alasan pasar iphone bekas di Indonesia sangat digemari.

Karena permintaan yang cukup tinggi tidak jarang banyak oknum yang memanfaatkan situasi tersebut, Sebelum memutuskan untuk membeli iphone bekas, apalagi secara online pastikan untuk menanyakan ke penjualnya beberapa hal, dan pastikan informasi yang disampaikan sesuai dengan kondisi iphone yang dijual.

Berikut ini adalah 8 hal yang perlu diperhatikan atau ditanyakan ke penjual apabila ingin membeli iphone secara online dan berkualitas

Periksa kesehatan baterai

Kesehatan baterai adalah hal yang krusial. Baterai yang sehat menandakan bahwa penggunaan iPhone juga akan menjadi lebih optimal. Alangkah baiknya baterai iPhone bekas yang kamu pilih masih berada pada kisaran 90% ke atas. Karena pada persentase tersebut, performa iPhone bekas pakai dapat dikatakan masih baik, sehingga dapat berfungsi dengan sangat optimal layaknya unit baru. Sebaiknya tanyakan ke penjualnya kondisi baterainya jangan buru-buru membeli tanpa tahu kondisi baterai iphone bekas, karena mengganti baterai iphone cukup sulit selain itu harga baterai original juga terbilang cukup mahal.

Berita terbaru   Cara Mengubah Kuota Game Axis Menjadi Kuota Utama

Cek fungsi speaker

Fungsi speaker juga gak kalah penting. Pastikan kamu mencoba memutar audio maupun video pada iPhone bekas pilihanmu,
dan cek apakah speaker dapat berfungsi dengan normal atau tidak. Anda bisa meminta penjual untuk melakukan video call dan memperlihatkan kondisi speaker iphone incaranmu.  Tentu kamu tidak mau  iPhone-mu tidak bisa mengeluarkan suara saat memutar audio, video, atau saat melakukan panggilan telepon.

Pastikan kamera berfungsi dengan baik

Kamera iPhone adalah salah satu aset penting yang harus diperhatikan. Ibaratnya, iPhone tanpa kamera yang berfungsi optimal, bagaikan sayur tanpa garam. Kamera iPhone menjadi idaman penggunanya karena beragam setting-nya yang menyerupai kamera profesional. Jadi, jangan lupa untuk mencoba seluruh fitur kamera untuk memastikan semuanya berfungsi dengan normal. Jika membeli iphone bekas luar negeri pastikan bukan berasal dari Jepang, karena Iphone keluaran Jepang kameranya tidak bisa silent

Charger dan earphone dapat terhubung ke iPhone

Pastikan unit yang kamu pilih tidak ada gangguan dalam mengisi daya serta dapat terhubung earphone dengan normal. Kalau unit yang kamu pilih memunculkan indikasi yang kurang baik ketika disambungkan dengan charger dan earphone, segera ganti. Bagaimana mungkin iPhone-mu dapat berfungsi dengan baik, kalau gak bisa tersambung charger dan earphone?

Periksa layar dan home button

Layar dan home button juga penting. iPhone bekas pakai biasanya memiliki sedikit masalah dengan fungsi layarnya. Terkadang, layar iPhone bekas tiba-tiba redup atau menampilkan garis-garis yang mengindikasikan error. Di sisi lain, home button juga merupakan hal yang riskan rusak.
Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh penggunaan yang kurang baik oleh pemilik sebelumnya. Pastinya kamu tidak ingin iPhone yang kamu pilih bermasalah, bukan? Jadi, jangan lewatkan untuk benar-benar memeriksa layar dan home button-nya.

Berita terbaru   Pengen Ganti HP, Pertimbangkan untuk membeli secepatnya, harga diprediksi akan naik

Perhatikan kondisi bodi

Selanjutnya adalah perhatikan kondisi bodi iPhone yang kamu pilih. Kejelian sangat diperlukan agar mendapat bodi iPhone bekas yang mulus layaknya unit baru. Namun, goresan kecil yang tidak terlalu kelihatan sebenarnya juga tidak masalah. Hal ini tidak lain karena iPhone ini adalah barang bekas pakai, tentu ada bagian kecil dari bodinya yang tidak terlalu mulus. Hanya saja, pastikan barang yang kamu pilih masih tergolong sangat baik.

Cek nomor IMEI

Sebelum deal dengan pilihan iPhone yang kamu mau, pastikan kamu mengecek IMEI-nya. Lalu, cocokkan IMEI pada smartphone sama dengan yang tertera pada kotak kardus bawaannya. Jika sudah sesuai, berarti iPhone yang kamu pilih adalah barang resmi, terdaftar, dan bukan refurbish apalagi palsu. Tinggal kontak penjualnya minta nomor IMEInya dan cek secara online di website https://kemenperin.go.id/

Cek dengan 3Utools

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah memastikan Iphone yang akan kamu beli kondisinya normal dan tidak pernah ada pergantian part, dengan mengecek di 3utools, pastikan penjualnya memberikan hasil test dengan tools ini, untuk memastikan iphone kamu masih original dan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya, biasanya ditandai dengan hasil 3 u tools yang hijau semua.

 

Originally posted 2021-06-27 18:30:48.