fbpx
Link pendaftaran blt umkm

Cara daftar online BLT UMKM 2021 dan link pendaftaran masing-masing daerah

Kabar gembira bagi pelaku usaha, terutama pelaku usaha mikro karena Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah tahun ini tetap disalurkan terutama untuk pelaku usaha UMKM yang terdampak pandemi covid-19. Pemerintah memberikan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) ini kepada para pelaku usaha mikro yang belum tersentuh kredit perbankan atau bankable sebesar 1.2 juta, menurun dibandingkan tahun lalu sebesar 2.4 juta.

Penyaluran BLT UMKM ini diperuntukkan bagi 12,8 juta pelaku usaha mikro dengan nilai anggaran yang telah disiapkan sebesar Rp 15,36 triliun. Ini adalah kesempatan bagi para pengusaha mikro untuk mengembangkan usaha mereka agar dapat bersaing di situasi pandemi ini.

Seperti yang diberitakan sebelumnya bahwa pendaftaran BLT UMKM ini hanya bisa dilakukan secara offline dengan cara mengajukan langsung ke Dinas Koperasi dan UKM setempat di tingkat kabupaten/kota , namun ternyata saat ini pendaftaran juga bisa dilakukan secara online. Sebagai informasi, beberapa Pemerintah Daerah (Pemda), sudah memberlakukan daftar onlien BLT UMKM. Namun, ini tidak berlaku untuk semua dinas kabupaten/kota, beberapa daerah juga masih mengharuskan pelaku usaha untuk datang langsung guna menyerahkan berkas, yang selanjutnya dinas tersebut akan menyampaikan ke dinas di tingkat provinsi untuk dilanjutkan ke Kemenkop dan UKM Deputi Bidang Usaha Mikro

Pendaftaran online BLT UMKM sendiri dijadwalkan dari tanggal 12 -22 April 2021 atau sampai kuota terpenuhi, Silahkan baca sampai akhir untuk mengetahui daerah mana yang sudah membuka pendaftaran secara online dan juga link pendaftaran masing-masing daerah, namun sebelum mendaftar ada beberapa persyaratan dan kelengkapan dokumen yang wajib anda lengkapi.

Dokumen dan Persyaratan Pendaftaran BLT-UMKM

Dokumen 

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Nomor Kartu Keluarga (KK)
  • Nama lengkap
  • Alamat tempat tinggal
  • Bidang usaha
  • Nomor telepon.
Berita terbaru   Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) cara daftar dan persyaratan lengkap

Persyaratan pendaftaran BLT UMKM 2021

  • WNI
  • Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Memiliki usaha mikro Bukan PNS, TNI/Polri, pegawai BUMN atau BUMD
  • Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR
  • Bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha berbeda bisa melampirkan Surat Keterangan Usaha atau SKU.

Dalam proses seleksi BLT UMKM 2021, Dinas Koperasi dan UMKM bertindak sebagai pengusul akan melakukan pengecekan data calon penerima BLT UMKM 2021, melalui verifikasi identitas kependudukan dan pengecekan kelengkapan dokumen persyaratan calon penerima BLT UMKM. Apabila seluruh persyaratan terpenuhi, maka pengajuan BLT UMKM bisa dilakukan melalui Dinas Koperasi dan UMKM yang sesuai dengan domisili pemohon.

Cara Pendaftaran Online BLT UMKM

Nah, jika Anda tertarik mendaftar BLT UMKM 2021 secara online, ada beberapa tata cara yang bisa Anda lakukan, yakni sebagai berikut:

  1. Membuat Permohonan Perizinan Berusaha Perseorangan (Skala Mikro dan Kecil), dengan cara berikut: Buka laman https://oss.go.id/portal/informasi/content/panduan_mikro_kecil. Login di OSS v1.1 melalui (https://oss.go.id) dengan menggunakan akun yang telah dimiliki (daftar online UMKM) . Klik tombol Perizinan Berusaha, klik Perseorangan kemudian pilih untuk skala usaha Mikro klik tombol Pendaftaran NIB Perseorangan Mikro. Untuk skala usaha Kecil klik tombol Pendaftaran NIB Perseorangan Kecil.
  2. Kemudian, masuk ke Proses pembuatan NIB dan izin usaha, dengan cara berikut: Pada formulir Data Profil, Anda harus melengkapi data/informasi yang masih kosong, lalu klik tombol Simpan dan Lanjutkan. Pada formulir Data Usaha, klik tombol Tambah Usaha Lengkapi data-data sesuai dengan formulir data usaha tersebut Klik tombol Simpan. Kemudian klik tombol Selanjutnya. Bila Anda memiliki lebih dari satu usaha, sebelum meng-klik tombol. Selanjutnya, silakan Anda menambahkan usaha tersebut dengan kembali meng-klik tombol Tambah Usaha dan prosesnya sama seperti butir 4 tersebut bila telah selesai klik tombol Selanjutnya. Pada formulir Komitmen Prasarana Usaha, khusus untuk skala kecil Anda dapat mengajukan permohonan Izin Lokasi dan Izin Lingkungan (bila dipersyaratkan) Klik tombol Selanjutnya. Pada tampilan Draft NIB dan Izin Usaha, Anda dapat melihat rangkuman data NIB dan Izin Usaha yang telah diisi dan dapat melakukan preview draft NIB, Izin Lokasi, Izin
    Lingkungan dan Izin Usaha Beri tanda centang pada kotak disclaimer Klik tombol Proses NIB. Pada tampilan Output NIB dan Izin Usaha, Anda dapat melihat cetakan NIB, Izin Lokasi, Izin Lingkungan, dan Izin Usaha. Anda juga dapat mencetak Izin Usaha dalam format QR yang berisi data lebih detail melalui tombol Preview Izin Usaha QR. Baca juga: Target Penyaluran KUR UMKM 2021 Naik Menjadi Rp 253 Triliun
  3. Proses terakhir yakni, izin komersial atau operasional, caranya seperti berikut: Memilih menu Permohonan -> IUMK -> Izin Komersial/Operasional. Arahkan kursor Anda dan klik ke nomor NIB/Nama Kegiatan Usaha Anda Klik tombol Pilih NIB. Kemudian akan muncul daftar kegiatan usaha Anda Klik tombol Pilih Kegiatan Usaha. Pada tampilan formulir Izin Komersial/Operasional, Anda dapat memilih Izin Komersial/Operasional yang Anda perlukan sesuai dengan kegiatan usaha Anda dan lengkapi data yang diperlukan. Klik tombol Lanjut dan Simpan. Pada tampilan Draft Izin Komersial/Operasional, klik tombol Preview Izin untuk melihat tampilan draft Izin Komersial/Operasional yang telah Anda pilih. Klik tombol Lanjut dan Simpan. Pada tampilan Output Izin Komersial/Operasional, klik tombol Preview Izin Komersial/Operasional yang telah
    diterbitkan oleh OSS.
Berita terbaru   Mengenal fungsi dan fitur link pendaftaran CPNS 2021 SSCASN.BKN.GO.ID

Link pendaftaran online BLT UMKM  beberapa daerah

Sebelum melakukan pendaftaran online pastikan semua dokumen dan persyaratan administrasi sudah tersedia, beberapa daerah mengharuskan mengirimkan berkas administrasi paling lambat 24 jam setelah pendaftaran.

1. Jakarta Barat

2. Jakarta Selatan

3. Jakarta Timur

4. Kepulauan Seribu

5. Jakarta Utara

6. Jakarta Pusat

7. Kota Kediri

8.  Jawa Tengah

Berita terbaru   login di eform.bri.co.id/bpum bukan cara untuk mendapatkan bantuan usaha mikro BPUM

9. Kabupaten Ciamis

10. Kabupaten Lombok Tengah

11. Kabupaten Banyuwangi

12. Kabupaten Cianjur

13. Kabupaten Pekalongan

14. Kabupaten Sukoharjo

15. Bogor

16. KOTA TEGAL

17.  KOTA TANJUNGPINANG

18. Kabupaten TEMANGGUNG

19. LOMBOK BARAT

 

Formulir Pendaftaran Umkm 2021 ,Daftar Online Bantuan Umkm Ciamis ,Daftar Bpum Ciamis ,Daftar Blt Umkm Online Ciamis ,Daftar Bantuan Umkm Ciamis ,Daftar Online Umkm 2021 ,Daftar Online Umkm Ciamis ,Cara Daftar Umkm Online Kabupaten Ciamis ,Cara Daftar Umkm Online Ciamis ,Daftar Online Umkm Ciamis 2021 ,Daftar Umkm Online Kabupaten Ciamis ,Daftar Umkm Ciamis Online ,Daftar Online Umkm Kabupaten Ciamis ,Cara Daftar Umkm Ciamis ,Daftar Umkm Kabupaten Ciamis ,Daftar Umkm Online Ciamis ,Cara Daftar Online Umkm Ciamis ,Cara Daftar Online Umkm 2021 ,Bpum Ciamis ,Bpum 1.2

5 comments

  1. saya pengn daftar umkm

  2. daftar umkm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *