kartu prakerja

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17 Segera Dibuka, cek cara daftarnya

Bagi masyarakat yang sebelumya ingin mendaftar kartu prakerja, namun tidak bisa karena kuota sudah terpenuhi, kabar gembira bagi anda, karena dalam waktu dekat pemerintah akan membuka kembali pendaftaran kartu prakerja yang memasuki gelombang ke 17. Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja mengatakan, pembukaan pendaftaran gelombang 17 dilakukan bila ada status kepesertaan Kartu Prakerja yang dicabut.

Saat ini, PMO masih menunggu laporan terkait status kepesertaan dari anggota kartu prakerja gelombang 12 – 16 yang telah dibuka. Hal ini disampaikan oleh PMO Louisa Bahwa “(Pendaftaran) Gelombang ke-17 dibuka saat ada status kepesertaan gelombang 12-16 yang dicabut,” Kata Louisa kepada Kompas.com, Selasa (6/4/2021). Lanjut PMO Louisa menyebut, kepesertaan Kartu Prakerja bisa dicabut karena beberapa hal. diantaranya adalah, apabila peserta kartu prakerja tidak membeli pelatihan pertama selama 30 hari setelah mendapatkan notifikasi diterima
sebagai peserta. Untuk dikertahui bahwa masa pembelian pelatihan pertama bagi peserta gelombang 12 telah habis pada 1 April 2021 lalu. Namun demikian, Louisa belum mengungkapkan jumlah peserta yang ditarik kepesertaannya dari gelombang 12 tersebut. “Waktunya 30 hari sejak
ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja. Ini adalah amanat Permenko 11 tahun 2020,” sebut Louisa.

Sebelumnya Louisa juga menjelaskan, keberlanjutan program setelah kuota terpenuhi akan menunggu kepastian anggaran. Sebab, total anggaran yang sudah definitif adalah sebesar Rp 10 triliun. Jumlah tersebut dialokasikan pada semester I ini dengan 2,7 juta peserta. Sementara anggaran total Rp 20 triliun yang sebelumnya sempat disebutkan masih indikatif. “Kami masih menunggu arahan yang definitif,” jelas dia.

Persyaratan Pendaftaran Kartu Prakerja

Sebelum pendaftaran kartu prakerja terbuka alangkah baiknya bagi yang ingin mengikuti seleksi penerimaan kartu prakerja agar menyiapkan dan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan dalam pendaftaran

Adapun persyaratan pendaftaran sebagai berikut:

  • WNI berusia 18 tahun ke atas
  • Pencari kerja atau pengangguran (lulusan baru dan program PHK) Pekerja (buruh/karyawan)
  • Wirausaha Tidak sedang mengikuti pendidikan formal
  • Bukan penerima bansos Kemensos (DTKS), BSU, BPUM
  • Bukan TNI/Polri,ASN, Anggota DPR/D, BUMN/D, dan lainnya

Tata cara pendaftaran kartu prakerja

Apabila semua persyaratan sudah terpenuhi anda bisa langsung membuat akun terlebih dahulu di website www.prakerja.go.id, walaupun pendaftaran kartu prakerja belum terbuka anda bisa langsung membuat akun terlebih dahulu, berikut tata caranya :

Daftar akun prakerja

  • Masuk ke situs www.prakerja.go.id
  • klik ‘Buat Akun’
  • Masukkan alamat email, dan kata sandi yang akan digunakan sebanyak 2 kali
  • Jangan lupa centang persetujuan syarat dan ketentuan,
  • kemudian klik ‘Buat Akun’
  • Cek email yang digunakan untuk mendaftar, buka email baru dari Kartu Prakerja klik verifikasi sekarang
  • Setelah proses verifikasi akun e-mail berhasil, kembali ke situs Prakerja,
  • lalu klik ‘Login’ kemudian masukkan email dan password yang didaftarkan untuk masuk ke dashboard akun prakerja.

Melengkapi data diri

Setelah berhasil login di akun Prakerja, pemilik akun diminta untuk verifikasi ktp dan melengkapi data diri dan nomor telpon, harap siapkan KTP dan Kartu keluarga anda.  Berikut cara verifikasi KTP dan melengkapi data diri berserta dengan nomor telpon:

  • Masuk ke akun dengan alamat e-mail dan kata sandi yang telah dibuat
  • Masukkan nomor KTP , nomor kartu keluarga dan tanggal lahir,
  • lalu klik ‘Berikutnya’
  • Isi data diri, mulai dari nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili,pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP,
  • lalu klik ‘Berikutnya’
  • Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirim melalui SMS
Berita terbaru   login di eform.bri.co.id/bpum bukan cara untuk mendapatkan bantuan usaha mikro BPUM

Mengikuti tes Setelah melengkapi data diri,

Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang kamu miliki. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal. Tes motivasi dan kemampuan dasar ini berlangsung selama 15 menit.

Setelah melakukan tes, tunggu e-mail pemberitahuan dari Kartu Prakerja, selanjutnya apabila sudah mendapat email pemberitahuan dari kartu prakerja, kembali ke situs Prakerja, dan gabung ke gelombang pendaftaran yang sedang dibuka, saat ini akan terbuka pendaftaran gelombang 17, tinggal tunggu kuota dan tanggal yang ditentukan oleh pemerintah.

Silahkan simpan sebagai favorite website kami untuk mendapatkan informasi mengenai kartu prakerja ini, jika perlu silahkan share ke teman, keluarga atau kerabat yang membutuhkan, siapa tahu lewat tangan anda mereka mendapatkan bantuan yang dibutuhkan.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *