cek penerima BPUM

Cara mengecek penerima Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) UMKM

Pendaftaran bantuan pelaku usaha mikro (BPUM) sebenarnya tidak bisa dilakukan secara online, calon penerima harus mendaftar secara offline dengan mendatangi pengusul atau Dinas Koperasi dan UKM di masing – masing daerah di kota anda, Namun untuk pengecekan apakah anda berhak menerima bantuan ini, bisa dilakukan secara online.

Apabila anda sudah mendaftar bantuan  BLT UMKM atau Banpres BPUM 2021 ini dan belum menerima sms dari bank BRI, sebagai penyalur bantuan, anda bisa mengecek langsung secara online, untuk melakukan pengecekan apakah anda terdaftar sebagai penerima BPUM atau tidak, bisa melakukan pengecekan melalui link: https://eform.bri.co.id/bpum. “Terkait dengan layanan pengecekan penerima BPUM 2021 melalui laman website https://eform.bri.co.id/bpum saat ini telah kembali dibuka,” kata Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto dikutip dari Kompas.com, Sabtu (3/4/2021).

Pengecekan ini memudahkan anda untuk menyiapkan dokumen pendukung yang dibutuhkan apabila nama anda termasuk salah satu dari 12.8 juta penerima BPUM UMKM tahun 2021.

Untuk tatacara pengecekan sangat gampang silahkan ikuti panduan berikut di bawah ini:

Cek bantuan  BPUM UMKM

  • Login https://eform.bri.co.id/bpum
  • Isi nomor eKTP (NIK)
  • Mengisi kode verifikasi
  • Klik proses inquiry

Selanjutnya, akan keluar pemberitahuan apakah berhak mendapatkan bantuan atau tidak Jika bukan sebagai penerima, akan ada notifikasi “Nomor e-KTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM”. Jika terdaftar sebagai penerima, akan muncul notifikasi sebaliknya. Apabila tercatat untuk mendapat BPUM maka bisa segera menghubungi kantor cabang BRI terdekat untuk waktu
atau jadwal pencairan.

 

tidak terdaftar BPUM

Penyebab Jika NIK KTP tidak muncul di E-form BRI

Jika anda sudah mendaftar dan belum menerima pemberitahuan dari BRI, sebagai penerima bantuan BPUM, anda bisa melakukan pengecekan melalui link di atas, apabila saat memasukkan NIK atau nomor eKTP pada halaman login https://eform.bri.co.id/bpum tidak muncul, biasanya di pengaruhi oleh beberapa hal sebagai berikut :

  • Anda belum mendaftar program BPUM UMKM
  • Sistem di Bank penyalur belum terkoneksi dengan link tersebut
  • Rekening Anda terblokir karena Anda masih punya pembiayaan/kredit di bank.
  • Nomor NIK KTP Anda tidak sinkron dengan data di Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil).
Berita terbaru   login di eform.bri.co.id/bpum bukan cara untuk mendapatkan bantuan usaha mikro BPUM

Jika tetap tidak muncul, lakukan pengecekan secara langsung dengan mendatangi kantor bank penyalur BRI dengan membawa syarat dokumen pencairan.

Apabila anda memiliki usaha mikro dan belum menerima bantuan ini anda bisa mendaftar, lihat tata cara pendaftaran dan juga persyaratan BPUM UMKM  Pendaftaran untuk BLT ini bisa dilakukan sampai tanggal 31 Agustus 2021, dan tahun ini Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan jumlah penerima BLT UMKM akan bertambah 3 juta orang sehingga totalnya menjadi 12,8 juta orang.
Tak seperti tahun lalu, besaran bantuan senilai 2,4 juta namun kali ini adalah Rp 1,2 juta sesuai dalam Peraturan Kemenkop UKM Nomor 2 Tahun 2021.

Update Link Pendaftaran Online BLT UMKM

Seperti yang diberitakan sebelumnya bahwa pendaftaran BLT UMKM ini hanya bisa dilakukan secara offline dengan cara mengajukan langsung ke Dinas Koperasi dan UKM setempat di tingkat kabupaten/kota , namun ternyata saat ini pendaftaran juga bisa dilakukan secara online. Sebagai informasi, beberapa Pemerintah Daerah (Pemda), sudah memberlakukan daftar online BLT UMKM. Namun, ini tidak berlaku untuk semua dinas kabupaten/kota, beberapa daerah juga masih mengharuskan pelaku usaha untuk datang langsung guna menyerahkan berkas, yang selanjutnya dinas tersebut akan menyampaikan ke dinas di tingkat provinsi untuk dilanjutkan ke Kemenkop dan UKM Deputi Bidang Usaha Mikro. Silahkan melihat link daftar masing-masing daerah yang membukan pendaftaran online Link Daftar BLT UMKM

10 comments

    • Untuk pendaftaran silahkan ke pihak pengusul yang telah ditentukan, yakni dinas atau badan yang membidangi koperasi dan umkm di tingkat kabupaten/kota.

    • Untuk pendaftaran silahkan ke pihak pengusul yang telah ditentukan, yakni dinas atau badan yang membidangi koperasi dan umkm di tingkat kabupaten/kota.

  1. Kemarin saya dapat UMKM tapi kenapa sekarang kok ngga dapat lagi ya ?

    • Mungkin belum masuk, karena memang pencairan secara bertahap, silahkan cek di eform BRI atau mendatangi langsung BRI

  2. Inobonto 1 jlan trans sulawesi

  3. Kenapa saya tidak pernah dapat bantuan sama sekali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *