fbpx
rem sepeda motor

Memilih Rem Motor Yang Baik

Setiap kendaraan terutama motor pasti memiliki rem, karena rem ini berfungsi untuk menghentikan perputaran roda, sehingga kendaraan berhenti,  karena fungsi rem yang sangat vital sehingga kegagalan sistem ini dapat berakibat kecelakaan yang fatal, tentu semua orang menghindari hal tersebut, sehingga diperlukan perawatan yang berkala agar fungsi pengereman bisa maksimal

Semua pengendara sangat menghargai manfaat rem sepeda motor yang sangat besar peranannya, saat pengendara dihadapkan pada perjalanan yang paling menegangkan dan seharusnya paling mengerikan rem menjadi penolong untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan. Inilah alasan mengapa pengendara harus menjaganya dengan baik.

Kita harus yakin bahwa itu tidak akan membuat kita tergantung kapan pun kita membutuhkannya. Ini bisa menjadi pilihan terakhir kita yang mungkin – tidak ada kesempatan kedua karena yang bisa kita perjuangkan dalam situasi ini adalah nyawa orang yang kita cintai atau nyawa kita sendiri.

Setiap bagian dari rem harus diperiksa dengan cermat untuk mencegah insiden yang tidak diinginkan di masa mendatang. Kita juga harus mempertimbangkan karakteristik keausan rem yang baik, jenis – apakah OEM (Bawaan Pabrikan)  atau suku cadang sepeda motor aftermarket, harga dan tentu saja fungsi dan performanya.

Menurut ahli, rem sepeda motor terbaik adalah yang OEM. Itu benar. Namun, ada rem sepeda motor aftermarket yang sama dengan kualitas OEM tetapi dengan harga yang lebih murah. Ketika Anda tahu Anda memiliki pilihan yang lebih baik, mengapa Anda akan puas dengan yang lain? Mengapa tidak mengambil kesempatan untuk memiliki yang terbaik?

Desain bantalan rem sepeda motor yang umum bergantung pada proses yang mudah saat menarik bantalan ke cakram untuk menciptakan panas atau gesekan agar sepeda berhenti. Agar cairan pengereman tidak mendidih atau rusak, panas harus dihilangkan. Jadi, pad harus memiliki banyak bahan ‘pengisi’ untuk pembuangan panas dan bagian gesekan kimia pad harus sangat kuat. Ini akan mengurangi jumlah material penghasil gesekan yang sebenarnya. Meskipun demikian, hal ini dapat menyebabkan umur rotor yang pendek, kebisingan, degradasi “debu” rem, dan berkurangnya keefektifan bantalan itu sendiri.

Berita terbaru   Panduan Membeli Kacamata Sepeda Motor Terbaik

Ada pabrikan lain yang menerapkan prinsip yang sama sekali berbeda dalam menciptakan gesekan sepeda. Bahan bantalan rem dipanaskan secara memadai untuk disematkan ke dalam cakram rem. Perpindahan material dari bantalan rem ke cakram terus berlanjut selama bantalan sedang digunakan. Efek bantalan akan terlihat jelas saat material yang disematkan menjadi lebih tebal dengan penggunaan. Efek ini mengurangi kecenderungan material gesekan untuk menangkap rotor. Sistem ini disebut sistem rem karbon.

Ingatlah bahwa rem sepeda motor yang sangat baik yaitu yang memiliki cengkraman yang baik, menghilangkan panas dengan baik, dan tahan lama. Kualitas ini harus menjadi dasar Anda dalam memilih rem. Ini adalah panduan dasar kami dalam memutuskan rem apa yang akan digunakan.

Originally posted 2021-05-15 23:37:57.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *