fbpx
tips memulai usaha

4 Tips Praktis Untuk Membuka Usaha Dengan Benar

Menjadi seorang wirausahawan adalah impian banyak orang, apalagi dengan kondisi saat ini banyak orang terdorong untuk membuka usaha, banyak yang berhasil namun tidak sedikit yang gagal. Bagi anda yang ingin menjadi wirausahawan atau istilah kerennya adalah enterpreneur banyak faktor yang perlu anda perhatikan sebelum terjun langsung ke bidang pekerjaan ini.

Anda bisa bertanya pada diri anda sendiri apakah ini saat yang tepat untuk menjadi wirausahawan? Dalam beberapa dekade terakhir, teknologi telah meningkatkan level dan mendorong revolusi wirausaha. Sebagai seorang pengusaha, Anda sekarang memiliki lebih banyak akses ke informasi yang memungkinkan Anda membuat pilihan yang lebih cerdas dengan lebih cepat. Anda memiliki keunggulan dibandingkan bisnis besar karena Anda lebih ringan, lebih fleksibel, dan lebih cepat. Anda dapat menargetkan pasar baru dengan lebih cepat, dan Anda dapat menghasilkan uang receh yang jika dikumpulkan akan banyak juga, sebagai pundi pendapatan anda di awal.

Tetapi menjadi pengusaha sukses mengharuskan Anda melihat gambaran besar dan mengikuti rencana dari awal hingga akhir. Berikut beberapa pedoman praktis yang dapat membantu Anda saat memulai usaha Anda sendiri yang dirangkum dari berbagi sumber yang kredibel dan bisa menjadi pegangan anda sebelum anda benar-benar terjun ke dunia wirausaha

Jangan Berhenti dari Pekerjaan Anda

Pertimbangkan untuk memulai bisnis Anda paruh waktu, terutama jika itu online, saat Anda sedang bekerja dan memiliki penghasilan tetap. Biasanya dibutuhkan waktu enam bulan hingga satu tahun untuk menjalankan bisnis dan Anda tidak ingin pengeluaran anda selama ini akan bergantung pada kesuksesan perusahaan Anda dalam semalam. Mulailah dengan apa yang dapat Anda kelola, secara finansial dan waktu, dan tingkatkan seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda.

Temukan Niche Anda

Saat ini kondisi pasar umum semakin hari semakin tergerus, terutama toko yang menjual segala macam perlengkapan. Ini terjadi secara khususnya di bisnis toko online tetapi perlahan juga secara offline hal ini terjadi, konsumen mencari toko yang berspesialisasi. Anda harus menemukan kebutuhan — sesuatu yang diinginkan sekelompok orang tertentu, tetapi tidak dapat diperoleh di toko besar, dari sini anda bisa memulainya. Pakar ekonomi menasihati, “Anda tidak dapat bersaing dengan orang-orang besar, jadi Anda harus mencari di mana orang-orang besar tidak  pergi ke ceruk Anda.”

Anda bisa memulai dengan Niche yang anda senangi misalnya hobby anda, karena lebih gampang dan anda bisa mengesplore lebih, insting enterprenuer anda akan teruji ketika mampu menemukan niche yang cocok dengan bisnis anda, istilahnya adalah micro niche

Online

Meskipun Anda tidak berencana untuk memulai bisnis retail online, pertimbangkan bahwa internet masih dapat berperan penting dalam perusahaan Anda. Hadir secara online menghilangkan batasan lokasi fisik dan memperluas basis pelanggan Anda hingga jutaan. Ini juga merupakan alat yang hebat untuk mempromosikan diri dan usaha Anda dan membiarkan orang-orang, bahkan di daerah Anda sendiri, mengetahui bahwa Anda ada di sana, dan apa yang Anda lakukan.

Pantang Menyerah

Kewirausahaan yang sukses membutuhkan kreativitas, energi, dan dorongan untuk terus maju ketika Anda gagal. Hanya sedikit orang yang menyadari bahwa sebelum Bill Gates menciptakan Microsoft 3.0 yang sangat sukses, dia menciptakan Microsoft 1.0 dan 2.0, yang keduanya gagal — tetapi dia terus melakukannya. Dan tekad serta penolakan untuk menyerah itulah yang akan memisahkan pengusaha sukses dan yang tidak sukses. , “Bekali diri Anda dengan optimisme untuk melampaui ‘Tidak’ atau masalah. Tidak ada yang salah dalam kegagalan — hanya saja jangan mengulangi kesalahan yang sama! ”

Originally posted 2021-07-22 01:58:19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *