fbpx
tips membeli laptop

5 tips penting sebelum membeli laptop yang sesuai

Saat ini laptop sudah menjadi kebutuhan utama, bukan hanya pelajar, mahasiswa, orang kantoran, pebisnis bahkan saat ini banyak petani yang sudah memiliki laptop. Berbagai macam laptop yang beredar di pasaran dengan spesifikasi yang berbeda tentu sering membingungkan orang untuk memilih, bukan hanya buat yang ingin mengganti laptopnya dengan yang baru, orang-orang yang pertama kali membeli laptop sering kebingungan ketika mereka akan memilih laptop yang cocok.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika membeli laptop karena ada lebih banyak variasi yang tersedia ketika datang ke toko laptop. Karena laptop merupakan investasi anda kami memberikan 5 tip sederhana yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri sebelum memutuskan untuk membeli laptop.

 5 Tips Membeli Laptop

Membeli laptop adalah keputusan investasi yang besar. Karena itu, jangan dipandang sebelah mata kesalahan di awal akan berakibat pada masa yang akan datang.
Di bawah ini adalah 5 tip yang akan membantu Anda untuk membuat keputusan terbaik dan paling tepat saat akan membeli laptop.

Tips #1 Periksa Anggaran Anda Terlebih Dahulu

Anggaran adalah hal utama yang perlu diperhatikan, berapa anggaran yang ada siapkan untuk membeli laptop, karena saat ini berbagai macam variasi harga laptop mulai dari yang sejutaan sampai puluhan bahkan ratusan juta,  Tentukan anggaran anda dengan memilih batas atau range harga yang sesuai dengan kantong anda misal anda mencari laptop dengan harga antara 2 – 5 juta.

Jangan sampai anda salah dalam menentukan anggaran, karena ini adalah hal dasar dan ingat laptop adalah investasi anda, tentu anda membelinya karena ada tujuan yang ingin dicapai, entah itu untuk menunjang pekerjaan anda ataupun untuk mempermudah penyimpanan barang digital anda.

Berita terbaru   7 Tips Membeli Laptop Murah sesuai budget

Tips #2 Spesifikasi

Hal kedua yang tidak kalah penting adalah spesifikasi. Anda sudah pasti memiliki tujuan untuk penggunaan laptop anda, tentu untuk memilih laptop harus disesuaikan dengan tujuan anda membeli, spesifikasi sangat penting untuk menunjang anda dalam melakukan pekerjaan anda, jika laptop anda hanya digunakan untuk mencatat pengeluara harian anda, lapto dengan spesikasi yang rendah mungkin masih cocok, tapi jika anda ingin membeli laptop untuk tujuan desain grafis atau mengedit video anda perlu mempertimbangkan untuk membeli laptop dengan spesifikasi yang sesuai.

Tips #3 Ukuran Itu Penting

Membeli laptop adalah masalah yang membutuhkan pemikiran. Pertimbangkan ukuran dan berat laptop. Seberapa sering Anda membawa laptop? Jawaban Anda akan membantu menentukan ukuran dan berat mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda akan sering membawa laptop, model yang lebih ringan akan lebih disukai.

Keyboard adalah area lain yang perlu dipertimbangkan saat membeli laptop. Mengapa ukuran keyboard penting? Laptop yang lebih besar akan memiliki area keyboard yang sedikit lebih besar. Namun perlu diingat bahwa jika Anda khawatir jari atau pergelangan tangan Anda terlalu stres karena mengetik di keyboard yang terlalu kecil, Anda mungkin ingin ini menjadi faktor utama dalam keputusan pembelian Anda,

Tips #4 Opsi Nirkabel dan Port

Koneksi nirkable seperti wifi dan bluetooth adalah hal yang wajib dimiliki oleh laptop, saat ini hampir semua laptop keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fasilitas ini, adanya wifi memudahkan anda untuk koneksi dengan internet dan bluetooth dapat mempermudah anda dalam melakukan transfer atau konektivitas dengan perangkat seluler anda.

Port laptop juga sangat peting untuk melakukan koneksi dengan berbagai perangkat seperti printer, pemindai atau scanner, smartphone dan juga internet. Jika pekerjaan anda membutuhkan jaringan internet stabil, keberadaan port LAN sangat penting untuk melakukan koneksi dengan internet menggunakan kabel LAN, opsi ini perlu menjadi perhatian anda dalam membeli laptop karena beberapa laptop terbaru terutama yang memiliki desain tipis tidak memiliki port LAN.

Berita terbaru   3 alasan anda harus memiliki Hard Drive Eksternal

Tips #5 Lihat Review

Tips terakhir sebelum memastikan membeli laptop anda bisa melihat dahulu review dari laptop tersebut, saat ini sudah banyak sekali review dari berbagai macam laptop yang dijual di pasaran, anda bisa melihat review berupa artikel dari blog ataupun melihat review beberapa reviewer yang tersebar di youtube. pastikan hasil review yang disajikan sesuai denga kebutuhan dan tujuan anda.

Pesan terakhir jangan mudah terkecoh dengan desain, pastikan tujuan anda membeli laptop sesuai dengan laptop yang ingin anda beli.

Anda juga perlu memperhatikan layanan service center dan juga purna jual dari laptop yang anda beli, untuk memastikan jika ada sesuatu yang terjadi dengan laptop anda anda tidak pusing dan sudah tahu kemana anda akan membawanya.

 

Originally posted 2021-06-24 18:27:05.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *